Categories

Gadget

Canon Rilis Kamera Mirrorless untuk "Generasi Media Sosial"

Glenn Kaonang - 15 October 2015

Nama Canon mungkin tidak seharum Fujifilm atau Panasonic di kancah mirrorless. Sampai saat ini pabrikan DSLR paling populer itu terkesan malas-malasan menggarap kamera mirrorless. Pun demikian, hal itu bukan berarti Canon memang emoh bersaing di pasar mirrorless; mereka baru saja menelurkan kamera baru bernama Canon EOS M10.

Desain EOS M10 sepintas menyerupai kamera dari lini PowerShot milik Canon. Canon mengklaim kamera ini dirancang untuk generasi media sosial, sanggup memotret gambar yang tajam yang pantas mendulang like. Maka dari itu, spesifikasinya pun tidak boleh sembarangan.

EOS M10 ditenagai oleh sensor APS-C 18 megapixel, dengan sensitivitas ISO 100 - 25600. Kinerja sensor ini didukung oleh sistem autofocushybrid dan prosesor DIGIC 6 yang menawarkan kecepatan continuous shooting hingga 4,6 fps. Video bisa ia tangkap dalam resolusi 1080p 30 fps. Di atas kertas, spesifikasinya terdengar cukup mumpuni.

Mendampingi kamera berfisik ringkas ini adalah lensa kit EF-M 15-45mm f/3.5-6.3 IS STM. Lensa ini unik karena dimensinya yang terbilang pendek, yang kemudian akan memanjang saat hendak digunakan.

Info menarik: Canon Ciptakan Sensor Kamera Beresolusi 250 Megapixel

Karena ditujukan buat generasi media sosial, pengoperasian EOS M10 pun banyak mengandalkan layar sentuhnya ketimbang dial dan tombol fisik. Di pelat atasnya cuma terdapat tombol shutter, tombol record dan tombol untuk berganti mode antara video, manual atau otomatis, plus sebuah LED flash di sisi kiri.

Di belakang, bodi EOS M10 didominasi oleh layar sentuh 3 inci beresolusi 1,04 juta dot. Tanpa harus terkejut, layar ini bisa diputar hingga 180 derajat, menghadap ke depan dan siap digunakan untuk ber-selfie ria. Hasil fotonya lalu dapat Anda pindahkan ke smartphone atau tablet dengan mudah via Wi-Fi atau NFC.

Cukup jelas bahwa Canon tidak menyasar kalangan fotografer lewat EOS M10 ini, melainkan pengguna yang ingin upgrade dari kamera saku atau sekedar menginginkan kamera yang lebih berkualitas daripada milik smartphone-nya. Canon EOS M10 akan mulai dipasarkan pada bulan November mendatang seharga $600, sudah termasuk lensa di atas.

Sumber: Canon dan PetaPixel.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter