Gadget

Canon Luncurkan Kamera Mirrorless Baru, EOS M6

Menggantikan EOS M3, tapi masih berada di bawah EOS M5 yang lebih dulu diluncurkan

Lewat EOS M5, Canon mulai terkesan serius menghadapi pasar kamera mirrorless. Lima bulan berselang, Canon memperkenalkan kamera baru guna melengkapi lini mirrorless-nya, sekaligus menggantikan EOS M3 yang sudah uzur dan kurang begitu populer di kalangan konsumen.

Dinamai EOS M6, kamera ini bisa dibilang sebagai versi lebih murah dari EOS M5 – pengganti M3, tapi lebih inferior dari M5, saya sendiri bingung dengan pemilihan nama yang Canon lakukan. Terlepas dari itu, M6 mengusung spesifikasi yang hampir identik dengan M5. Utamanya sensor APS-C 24,2 megapixel dengan dukungan teknologi Dual Pixel AF dan prosesor DIGIC 7.

Secara kontrol Canon EOS M6 lebih terbatas dari M5, tapi masih lebih baik daripada M3 / Canon

Performanya cukup bisa diandalkan, dengan kemampuan memotret secara konstan dalam kecepatan 7 fps, atau 9 fps dengan posisi AF terkunci. Tingkat ISO-nya berkisar antara 100 sampai 25600. Sayang, perekaman videonya cuma terbatas di resolusi 1080p 60 fps. M6 menjanjikan image stabilization 5-axis, tapi hanya ketika digunakan bersama lensa-lensa tertentu saja.

Satu hal yang paling membedakan M6 dari M5 adalah absennya electronic viewfinder. Sebagai gantinya, M6 mengemas layar sentuh 3 inci yang bisa dimiringkan 180 derajat sampai menghadap ke depan dan digunakan untuk mengambil selfie. Canon turut menyertakan aksesori opsional EVF-DC2 yang berwujud ringkas dan bisa dipasangkan ke hot shoe M6.

Tidak ada EVF, tapi Canon EOS M6 mengemas layar sentuh 3 inci yang bisa dimiringkan 180 derajat ke depan / Canon

Desain panel belakangnya persis seperti milik M5, sampai ke penempatan masing-masing tombolnya. Panel atasnya sedikit berbeda, dimana M5 punya satu kenop ekstra yang bisa digunakan. Kendati demikian, dari segi kontrol M6 masih jauh lebih baik ketimbang M3.

Canon EOS M6 rencananya akan dipasarkan mulai bulan April mendatang seharga $780 untuk bodinya saja, atau $900 bersama lensa EF-M 15-45mm f/3.5-6.3 IS STM, dan$1.280 bersama lensa EF-M 18-150mm f/3.5-6.3, sedangkan aksesori EVF-DC2 dipatok seharga $250. Tersedia pilihan warna silver atau hitam, baik untuk kamera maupun aksesori EVF-nya.

Sumber: DPReview.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter