29 August 2016

by Glenn Kaonang

Canon Luncurkan Wi-Fi Adapter dengan Wujud Seperti SD Card untuk 7D Mark II, 5DS dan 5DS R

Akan dibundel bersama 7D Mark II dan lensa kit baru, serta dijual secara terpisah

Di dunia kamera digital, kendala seperti kinerja autofocus yang lambat masih bisa ditangani dengan firmware update. Namun masalah berbasis hardware seperti absennya Wi-Fi bisa menimbulkan sedikit kekecewaan, apalagi kalau kamera yang dibeli sekelas Canon 7D Mark II atau malah 5DS dan 5DS R.

Wi-Fi sudah menjadi salah satu komponen terpenting bagi sebuah kamera di tahun 2016 ini. Malahan, Canon 5D Mark IV yang baru-baru ini diungkap tidak hanya mengemas konektivitas Wi-Fi saja, tetapi juga NFC dan GPS. Lalu buat yang sudah terlanjur membeli 7D Mark II atau 5DS, apakah tidak ada obat kekecewaan bagi mereka?

Ada, dan ia datang langsung dari Canon sendiri. Produsen DSLR terpopuler tersebut memperkenalkan aksesori berupa Wi-Fi Adapter untuk 7D Mark II, 5DS dan 5DS R. Wi-Fi Adapter W-E1 ini unik karena berbentuk persis seperti sebuah SD card dan menancap pada slot milik kamera, seketika juga memberikan kemampuan memindah foto secara nirkabel.

Meski bentuknya persis seperti SD card, Wi-Fi Adapter W-E1 sama sekali tidak memiliki kapasitas penyimpanan / Canon

Khusus untuk 7D Mark II, Wi-Fi Adapter ini juga akan menghadirkan fitur transfer video dan remote control berbasis smartphone atau tablet dengan bantuan aplikasi Canon Camera Connect App. Perlu dicatat, Wi-Fi Adapter W-E1 bukanlah sebuah SD card dengan kapasitas penyimpanan, semua foto yang dipotret masih harus disimpan ke CompactFlash yang berada di slot sebelahnya.

Canon rencananya akan membundel Wi-Fi Adapter W-E1 bersama 7D Mark II, baik dalam wujud body only maupun bersama lensa kit. Lebih lanjut, aksesori ini juga bakal bisa dibeli secara terpisah seharga $50 mulai bulan September mendatang.

Sumber: Canon.