Categories

Gadget

Canon Sedang Kerjakan EOS R5, Mirrorless Full-Frame dengan Kemampuan Merekam Video 8K

Juga bakal menjadi kamera pertama Canon yang dilengkapi IBIS

Glenn Kaonang - 14 February 2020

Dua kelemahan terbesar Canon EOS R, kalau menurut rekan saya Lukman, adalah kemampuan perekaman videonya, serta absennya in-body image stabilization (IBIS). Dua hal itu sepertinya bakal dibenahi oleh penerusnya, EOS R5, yang sedang Canon garap saat ini.

Ya, Canon belum lama ini mengumumkan bahwa mereka tengah sibuk mengembangkan EOS R5. Bersamaan dengan pengumuman tersebut, Canon juga mengungkap sejumlah detail yang menarik. Berikut adalah rangkumannya.

Canon EOS R5 bakal mengusung sensor CMOS dan prosesor baru. Berdasarkan rumor yang beredar, sensor full-frame ini dikabarkan mengemas resolusi 45 megapixel dan sanggup merekam video 4K 120 fps. Canon masih enggan mengonfirmasinya, akan tetapi mereka menyebut EOS R5 bahkan mampu merekam video 8K.

Juga telah dikonfirmasi adalah, EOS R5 bakal menjadi kamera pertama Canon yang dilengkapi IBIS. Performanya pun tak kalah dari kamera DSLR, mampu menjepret tanpa henti dalam kecepatan 20 fps menggunakan shutter elektronik, atau 12 fps menggunakan shutter mekanik. Melengkapi semua itu adalah sepasang slot memory card.

Canon EOS R5

Tidak bisa dipungkiri, perekaman video 8K bakal menjadi nilai jual utama kamera ini. Namun berhubung 8K masih jauh dari kata mainstream, Canon melihat manfaat praktisnya saat ini adalah untuk menghasilkan video 4K yang berkualitas tinggi (oversampled), dan untuk mengekstrak foto beresolusi tinggi (minimal 33 megapixel) dari hasil rekamannya.

Aspek lain yang juga akan disempurnakan adalah ergonomi. Dari gambar di atas, tampak bahwa EOS R5 bakal mengemas kontrol yang lebih lengkap dan lebih menyerupai DSLR. Satu yang paling saya suka adalah joystick mini di sebelah kanan viewfinder, yang absen pada EOS R.

Bersamaan dengan EOS R5, Canon juga mengumumkan pengembangan tujuh lensa RF baru dan dua extender. Salah satu lensa yang dikerjakan rupanya cukup ekstrem, yakni RF 100-500mm f/4.5-7.1 L IS USM.

Sumber: PetaPixel dan DPReview.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter