10 December 2020

by Lukman Azis

Canon Umumkan Empat Printer Ink Tank PIXMA G Series, Bisa Dirawat Sendiri di Rumah

Meliputi PIXMA G1020, G2020, G3020 dan G3060. Perawatan keempat printer ini bisa dilakukan sendiri di rumah.

Perpindahan dadakan tempat bekerja (kantor) dan kegiatan belajar sekolah ke rumah, awalnya memiliki banyak sekali tantangan dan banyak yang tidak siap. Entah karena ruang di rumah terbatas atau hal teknis lain seperti alat kerja yang tidak memadai.

Masuk dalam era bernama adaptasi kebiasaan baru, selain membutuhkan laptop, smartphone, dan koneksi internet yang baik, perangkat lain yang tak kalah penting untuk mendukung aktivitas bekerja, usaha bisnis, dan belajar dari rumah adalah printer. Soal fitur dan harga dapat disesuaikan dengan kebutuhan, yang juga perlu diperhatikan saat membeli printer ialah perawatannya.

Canon melalui pt. Datascrip sebagai authorized distributor-nya di Indonesia, telah mengumumkan generasi terbaru printer PIXMA Ink Efficient G Series, yaitu PIXMA G1020, G2020, G3020 dan G3060. Printer dengan sistem Ink Tank atau tangki tinta isi ulang ini mengusung teknologi terbaru untuk memenuhi kebutuhan cetak dalam jumlah besar, cepat, dan hemat.

Dengan printer PIXMA G Series terbaru ini pengguna tidak perlu repot lagi untuk melakukan perawatan berkala ke service center, karena printer ini memiliki Maintenance Catridge (absorber) yang bisa diganti sendiri oleh pengguna dengan mudah tanpa harus membawa terlebih dahulu ke service center. Kita juga tak perlu khawatir bila ada masalah dengan mesin printer, karena Canon memberikan jaminan garansi bebas biaya service dan penggantian suku cadang selama 3 tahun.

Andryan Pranata - Assistant Marketing Manager of Canon Business Unit pt. Datascrip dan Merry Harun – Director of Canon Business Unit pt. Datascrip

"Kehadiran printer PIXMA Seri G sebelumnya telah mendapat respon yang sangat positif, khususnya untuk mereka yang membutuhkan perangkat printer yang dapat mencetak banyak dengan biaya yang murah. Kini, printer PIXMA Seri G terbaru hadir dengan berbagai peningkatan untuk memberikan kualitas yang lebih baik dan kemudahan dalam melakukan perawatan, cocok untuk para pelaku usaha kecil dan kebutuhan cetak anggota keluarga di rumah," ujar Merry Harun – Director of Canon Business Unit pt. Datascrip.

Lebih jauh keempat printer ini mendukung produktivitas kerja untuk mencetak ribuan lembar dokumen dengan cepat dan efisien. PIXMA G3020, G2020, dan G1020 dapat mencetak hingga 7.600 halaman dokumen hitam putih dengan kecepatan 9,1 ipm, serta 7.700 halaman dokumen berwarna dengan kecepatan 5,0 ipm.

Peningkatan teknologi tinta yang digunakan memberikan hasil cetak dokumen dan foto dengan kualitas tinggi. Desain botol tinta baru hadir dengan bentuk nozzles unik yang hanya pas di mulut tangki masing-masing warna. Selain untuk menghindari kesalahan saat pengisian tinta, juga membuat pengisian tinta lebih cepat dan anti tumpah. Tangki tinta yang terintegrasi membuat pengguna dapat dengan mudah melihat level tinta yang tersisa.

Keempat printer ini menggunakan Image Processing Tecnology dan Ink Technology pada keempat warnanya untuk menghadirkan hasil cetak berupa teks dan garis yang tajam. Juga bisa mencetak foto borderless ukuran A4 dengan menggunakan kertas foto glossy dan bisa melakukan pencetakan opsional hingga ukuran 216 x 1.200 mm.

Printer All-in-One PIXMA G3020

PIXMA G3020

PIXMA G3020 dirancang untuk kebutuhan print, scan, dan copy, yang cocok digunakan untuk meningkatkan produktivitas di lingkungan rumah, kantor, dan pelaku UKM. Printer ini telah dibekali dengan teknologi Wireless LAN atau Direct Wireless tanpa kabel, sehingga pengguna hanya tinggal menghubungkan smartphone ke printer untuk melakukan pencetakan. Juga dilengkapi dengan panel LCD 2 baris semakin memudahkan pengguna untuk melakukan pengaturan saat mencetak.

Printer All-in-One PIXMA G2020

PIXMA G2020

Sama halnya dengan PIXMA G3020, PIXMA G2020 juga bisa melakukan print, scan, dan copy. G2020 juga memiliki panel LCD 2 baris yang berguna untuk memudahkan pengguna saat pengoperasian, termasuk kemudahan dalam manajemen pengaturan printer.

Printer PIXMA G1020

PIXMA G1020

Berbeda dengan ketiga printer lainnya, printer PIXMA G1020 dirancang khusus sebagai opsi bagi pengguna yang lebih sering melakukan aktivitas cetak saja, seperti pelajar, mahasiswa dan penggunaan untuk kebutuhan di rumah.

Printer All-in-One PIXMA G3060

PIXMA G3060

Mirip dengan PIXMA G3020, Canon juga menghadirkan printer multifungsi PIXMA G3060 sebagai varian di jajaran PIXMA G Series terbaru yang dapat mencetak hingga 7.600 halaman dokumen hitam putih dengan kecepatan cetak 10,8 ipm dan 7.700 halaman dokumen berwarna dengan kecepatan 6,0 ipm.

Printer ini dilengkapi dengan teknologi Wireless LAN/Direct Wireless untuk mencetak atau scan langsung dengan perangkat smartphone, tablet, dan laptop melalui aplikasi Canon PRINT Inkjet/SELPHY hingga 5 device secara bersamaan. Bagi pengguna iPhone juga dapat menggunakan AirPrint, sedangkan pengguna Android dapat mengandalkan plugin Canon Print Service yang tersedia di Play Store.

Canon turut menyematkan teknologi auto power ON/OFF pada keempat printer ini untuk menghemat daya ketika printer sedang tidak digunakan. Printer akan menyala secara otomatis saat perintah cetak dikirim dari PC, smartphone, tablet atau cloud. Harganya sebagai berikut:

PIXMA G1020

  • PIXMA G1020 dengan harga Rp 1.899.000
  • PIXMA G2020 dengan harga Rp 2.249.000
  • PIXMA G3020 dengan harga Rp 2.849.000
  • PIXMA G3060 dengan harga Rp 2.949.000

Harga tinta yang digunakan jajaran printer ini:

  • GI-71 Black Rp. 129.000
  • GI-71 Cyan, Magenta, Yellow @ Rp 104.900 per warna
  • Maintenance Cartridge (Absorber): Rp 110.000