18 September 2020

by Lukman Azis

Canon Umumkan Generasi Baru Kamera Printer Instan IVY CLIQ Series

Terdiri dari IVY CLIQ +2 dan IVY CLIQ 2

Canon telah mengumumkan sepasang kamera printer instan baru IVY CLIQ series yaitu IVY CLIQ +2 dan IVY CLIQ 2. Seperti iNSPiC S dan C, kedua kamera ini dilengkapi printer bawaan yang dapat menghasilkan cetakan 3x2 inci.

Nah menariknya foto yang telah dicetak tersebut bisa digunakan sebagai stiker yang mana sisi belakangnya dapat dikletek dan kita bisa menempelnya ke smartphone, laptop, dinding, dan lainnya. Border-nya juga dapat dihias sebelum dicetak.

Untuk spesifikasinya, IVY CLIQ 2 mengusung kamera 5MP dan dibekali filter internal yang bisa diakses oleh pengguna di dalam kamera. Sementara, untuk IVY CLIQ +2 memiliki kamera 8MP dan didukung aplikasi Canon Mini Print yang memungkinkan kita memilih hasil foto dan mengeditnya sebelum dicetak. Lewat aplikasi tersebut, kita juga bisa mencetak koleksi foto yang diambil oleh smartphone.

Untuk memudahkan pengambilan komposisi saat selfie, keduanya punya fitur selfie mirror di keliling ring LED agar wajah terlihat glowing. Ada tiga mode foto yang dipilih yaitu landscape, portrait, dan selfie.  

Proses pencetakannya, Canon menggunakan teknologi cetak ZING Zero Ink. Jadi tanpa kartrid tinta tetapi menggunakan panas untuk mengeluarkan pewarna CMY yang sudah tertanam di kertas. Menurut Canon, pencetakan foto 3x2 inci membutuhkan waktu sekitar 50 detik.

Kamera dapat menampung sepuluh lembar kertas sekaligus dan dapat mencetak hingga 25 cetakan sekali charge. Harga Canon IVY CLIQ +2 akan dibanderol US$149 atau sekitar Rp2,1 jutaan, sedangkan IVY CLIQ2 dijual US$99 atau Rp1,4 jutaan. Untuk kertasnya, satu paket stiker bundar dijual US$12.99 atau Rp190 ribuan dan kertas persegi panjang biasa $9.99 atau Rp140 ribuan. Sumber: DPreview