Categories

Otomotif

Capai 100Km/Jam Dalam 1,5 Detik, Grimsel Cetak Rekor Sebagai Mobil Elektrik Dengan Akselerasi Tercepat

Untuk perbandingan, Bugatti Chiron memerlukan waktu 2,5 detik buat mencapai 100km/jam.

Yoga Wisesa - 24 June 2016

Sebelum mobil sedan dan SUV elektriknya sepopuler sekarang, Tesla Motors mengejutkan dunia dengan kapabilitas Roadster. Dalam uji coba, mobil sport bermotor listrik itu sanggup mengejar Lotus Elise – sebuah pencapaian luar biasa buat kendaraan elektrik. Namun kreasi Tesla Motors boleh dibilang masih di belakang ciptaan ambisius para peserta Formula Student ini.

Para pelajar dari Academic Motorsports Association Zürich belum lama memecahkan rekor akselerasi kendaraan elektrik tercepat saat ini. Tim memperlihatkan detik-detik bersejarah itu melalui video, memamerkan bagaimana mobil bernama Grimsel ciptaan mereka melesat dari nol ke 100-kilometer per jam hanya dalam 1,513 detik. Untuk perbandingan, Bugatti Chiron saja memerlukan waktu 2,5 detik buat mencapai 100km/jam.

Wujud Grimsel memang tidak seperti kendaraan yang biasa Anda lihat, dan melihat kondisinya, kemungkinan besar Grimsel tidak akan pernah jadi mobil ‘street legal‘. Ia menyerupai versi mini Formula 1: pengemudinya terekspos, menggunakan empat roda berukuran mungil. Grimsel sendiri adalah mobil elektrik kelima dari AMZ sebagai upaya menciptakan standar baru dalam bidang konstruksi berbobot ringan dan teknologi drive elektrik.

Rahasia terbesar Grimsel ada pada bobotnya. Berkat pemakaian material serat karbon, mobil elektrik itu mempunyai berat hanya 168-kilogram. Lalu AMZ memanfaatkan empat motor hub 37kW, memberikannya tenaga sebesar 200-horsepower dan torsi 1.630Nm, dilengkapi fitur traction control dan sistem torque vectoring. Grimsel cuma memerlukan lintasan sepanjang 30 meter saja untuk menyentuh 100km/j. Rekamannya bisa Anda simak di bawah:

Digarap oleh tim beranggotakan 30 orang selama kurang dari setahun, Grimsel mengusung sistem traction control yang mengatur performa masing-masing roda secara individu, memungkinkan Academic Motorsports Association Zürich mendongkrak lebih jauh level akselerasi mobil. Proses pemecahan rekor itu dilakukan di landasan militer Dübendorf, diawasi oleh para ahli demi memastikan tim memenuhi seluruh ketentuan Guinness World Record.

Berkat keberhasilan tersebut, AMZ mengamankan posisi pertama di ranking kompetisi Formula Student, menyingkirkan skor tim University of Stuttgart dengan 1,779 detik di tahun lalu. Meski demikian, hasil luar biasa itu bukanlah kemenangan pertama Grimsel. Kendaraan ini sudah mulai mencetak kesuksesan sejak tahun 2013, mempertahankan keunggulan mereka di urutan pertama.

Ingin tahu lebih banyak soal Grimsel? Anda dapat menonton technical tour yang disiapkan oleh AMZ.

Via Engadget.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id