Capcom Rilis Siaran Street Fighter League Japan untuk Audiens Internasional

Saksikan para pemain Jepang kelas "dewa" adu kemampuan di ajang yang tak kalah seru dari CPT ini.

Bila kita berbicara tentang esports Street Fighter, kompetisi pertama yang muncul di pikiran pastilah Capcom Pro Tour. Akan tetapi sebenarnya game ini memiliki satu wadah kompetisi lain yang baru diluncurkan pertama kali di tahun 2019, yaitu Street Fighter League. Liga ini digelar di dua negara, terdiri dari Street Fighter League Pro-US di Amerika, dan Street Fighter League Pro-JP di Jepang.

Keunikan Street Fighter League (SFL) adalah bahwa liga ini bukan berisi pertandingan satu lawan satu, melainkan team battle tiga lawan tiga. Setiap tim terdiri dari satu orang pemain profesional—seperti Punk, Daigo, atau Tokido—sebagai kapten, ditambah dua orang pemain semi profesional atau amatir. Nantinya, juara SFL Pro-US akan berhadapan dengan juara SFL Pro-JP dalam ajang Street Fighter League World Championship yang digelar berbarengan dengan Capcom Cup 2019.

Unsur strategi dalam SFL memberi keseruan tersendiri | Sumber:" target="_blank"> Capcom Fighters TV

Kita bisa menikmati tayangan SFL Pro-US lewat channel YouTube resmi Capcom Fighters atau lewat Facebook Live di official page Street Fighter. Sementara untuk SFL Pro-JP, tayangannya ada di channel YouTube terpisah yaitu di channelCapcom Fighters JP. Masalahnya, karena liga ini disiarkan live, kita yang tak fasih berbahasa Jepang tentu kurang bisa menikmati siaran tersebut. Memang menonton pertarungan saja tanpa paham apa yang dibicarakan juga sebenarnya sudah cukup seru, tapi kita jadi tidak bisa mencerna unsur strategi, diskusi, dan wawancara yang juga jadi bagian dari Street Fighter League.

Kini, di momen yang sudah semakin dekat dengan SFL World Championship, Capcom akhirnya merilis siaran SFL Pro-JP dengan subtitle bahasa Inggris untuk audiens internasional. Keseruannya jelas berbeda karena kita tidak menonton secara live, tapi bila Anda tak masalah dengan tayangan ulang, maka saya sangat merekomendasikan Anda menonton SFL Pro-JP ini. Sebab SFL Pro-JP dihadiri oleh banyak sekali pemain “dewa” sehinga level kompetisinya pun tinggi sekali.

Berikut ini adalah daftar tim dan pemain yang berpartisipasi dalam SFL Pro-JP:

  • Umehara Gold: Daigo Umehara, Fujimura, Kawano
  • Itazan Ocean: Itabashi Zangief, Moke, Dogura
  • Mago Scarlet: Mago, Machabo, Yuji
  • Fuudo Gaia: Fuudo, Bonchan, Shuto
  • Nemo Aurora: Nemo, Kichipa-mu, John Takeuchi
  • Tokido Flame: Tokido, Gachikun, Haku

Satu hal lagi yang membuat Street Fighter League seru adalah, sebelum pertandingan masing-masing tim punya kesempatan untuk melakukan ban terhadap satu karakter. Jadi Anda akan melihat kombinasi pemain dan karakter apa yang paling ditakuti oleh para pemain Jepang, serta bagaimana mereka beradaptasi ketika karakter andalan mereka tidak bisa dipakai.

Untuk sekarang Capcom baru mengunggah video SFL Pro-JP sebanyak dua episode. Semoga saja masih akan terus bertambah hingga ajang SFL World Championship nanti. Bila Anda punya waktu senggang selama satu setengah jam dan butuh hiburan esports berkualitas, Anda harus mencoba menonton SFL Pro-JP. Dijamin tidak rugi.

Sumber: Capcom Fighters TV, EventHubs