28 December 2017

by Yoga Wisesa

Caply Adalah Action Camera Tahan Banting Sebesar Thumb Drive

Untuk mengakses fungsinya, Anda bisa memanfaatkan touchpad atau fitur perintah suara.

Kamera action tak bisa dipisahkan dari aktivitas outdoor, umumnya dicantumkan di, tas, papan selancar atau sepeda. Untuk menunjang kegiatan-kegiatan itu, produsen memfokuskan perhatian mereka pada aspek daya tahan, kemudahan pemakaian serta desain yang ringkas. Dan jika kebetulan Anda sedang mencari action cam, produk baru ini dapat jadi pertimbangan.

Startup pimpinan inventor Jeff Lee dan Steven Chao memperkenalkan Caply di Kickstarter. Caply ialah kamera action mungil yang dibekali konstruksi tangguh serta baterai berdaya tahan lama, dirancang agar bisa setia menemani Anda dalam berbagai petualangan. Walaupun tubuhnya sangat kecil, Caply diklaim menyimpan beragam fitur canggih.

Caply mempunyai penampilan seperti kapsul, dengan bobot 50-gram dan dimensi 60x30-milimeter - kurang lebih sebesar thumb drive USB. Di tubuhnya, Anda akan menemukan modul lensa, microphone, serta panel sentuh. Lalu slot kartu SD berada di bagian belakang, ditemani tombol power. Transfer data serta pengisian ulang baterai dapat dilakukan dengan menyambungkan kabel ke port microUSB, berada di ujung bawah.

Kamera action ini bisa dilengkapi dengan beragam aksesori, contohnya adalah cover silikon sehingga lebih tahan banting, charger sekaligus mount Flex berlengan lentur, strap supaya kita dapat memasangkannya di lengan, clip, mount Connector X agar bisa dipasangkan di setang sepeda, serta case anti-air Nautilus yang memungkinkannya dibawa menyelam hingga kedalaman 100-meter.

Durasi pemakaian Caply juga istimewa. Ketika GoPro Hero 5 dan Google Clips hanya dapat aktif selama 2,5 sampai 3 jam, Caply mampu menciptakan rekaman berdurasi 5 jam dengan waktu standby hingga 120 jam. Untuk mengisi ulang baterai non-removable 500mAh-nya, cukup sambungkan Caply ke sumber listrik selama 2,5 jam.

Penggunaannya juga sangat simpel: tap sekali di area touchpad untuk mengambil foto, dua kali buat mulai merekam video. Anda bisa membuat rekaman singkat (10 detik) dengan swipe ke atas, serta mengaktifkan time-lapse via swipe ke bawah. Hebatnya lagi, Caply turut menyimpan kemampuan voice control, dapat mendengar perintah Anda sampai jarak 10 meter.

Caply diracik buat menciptakan video beresolusi 1920x1080p lewat lensa f/2.0 dengan field of view 140 derajat yang turut dibantu oleh sistem electronic image stabilization untuk meminimalkan efek getaran. Anda bisa langsung melakukan live streaming atau menyimpan videonya di kartu SD, mendukung kapasitas maksimal 128GB.

Kamera action Caply dapat Anda pesan sekarang di situs Kickstarter. Selama periode crowdfunding masih berjalan, produk bisa dibeli seharga mulai dari US$ 90. Distribusi rencananya akan dilangsungkan di bulan Juni 2018.