[Panduan Pemula] Cara Belanja Barang di Tokopedia Melalui Smartphone Android

Belanja mudah dan cepat di Tokopedia, cukup dilakukan dari smartphone

Kemarin kita sudah membahas cara membuat akun Tokopedia di aplikasi Android. Nah, sekarang Anda tentu sudah siap untuk memesan barang di sana. Tetapi jika masih ragu dengan proses dan prosedurnya, tutorial ini akan menjadi panduan pelengkap artikel lalu.

  • Jalankan aplikasi Tokopedia di smartphone Anda, kemudian pilih barang yang hendak dibeli. Tapi sebelum itu, pastikan dulu reputasi penjual sudah cukup bagus. Jika sudah merasa oke, tap tombol Beli.

 

  • Tentukan jumlahnya dan juga asuransi, apakah ingin menggunakan asuransi atau tidak. Biasanya saat pertama kali belanja, Anda harus membuat alamat baru terlebih dahulu. Jadi, tap tombol Tambah Alamat baru.

  • Isi dengan alamat Anda, pastikan isiannya lengkap dan benar.

  • Setelah alamat baru berhasil ditambahkan, pilih layanan kurir dan tekan tombol Beli.

  • Berikutnya, periksa kembali semua rincian pesanan Anda. Jika dirasa sudah benar, tap tombol Pilih Metode Pembayaran.

  • Pilih metode pembayaran yang menurut Anda paling mudah. Terakhir tap tombol Bayar Sekarang.

 

Setelah proses ini Anda lalui, Tokopedia akan mengirimkan pesan email berupa rincian pesanan termasuk nomor rekening yang akan menjadi tujuan pembayaran. Atau jika Anda menggunakan alat pembayaran lain, melalui email yang sama Tokopedia akan memberikan rinciannya.

Terakhir, setelah pembayaran Anda lakukan. Masuk ke aplikasi dan lakukan konfirmasi melalui menu Pembelian. Kirimkan foto slip pembayaran atau screenshot detail pembayaran jika Anda membayar melalui mobile banking atau internet banking. Selesai, selamat belanja!