Cara Berjualan Online di BukaLapak Versi Mobile Android dan Desktop

Cara Berjualan Online di BukaLapak Versi Mobile Android dan Desktop

Jualan online tanpa web toko, lebih praktis dan hemat biaya
Label resmi BukaLapak
Label resmi BukaLapak

Marketplace seperti Tokopedia dan BukaLapak, hadir untuk memudahkan para pelaku bisnis berbagai skala dalam menawarkan barang fisik dan digitalnya ke pasar yang lebih luas.

Berjualan di Tokopedia sama mudahnya dengan berjualan di BukaLapak, tetapi keduanya mempunyai perbedaan tata cara. Kerap kali penjual menggunakan keduanya, membuka toko di Tokopedia dan membuka lapak di BukaLapak. Di tutorial sebelumnya, kita sudah bahas soal Tokopedia, sekarang giliran kita bahas cara jualan di BukaLapak.

Mulai Jualan via Smartphone

  • Saya asumsikan Anda sudah mempunyai aplikasi BukaLapak dan juga sudah punya akun di sana. Sekarang, jalankan aplikasi di smartphone Anda, lalu tap ikon akun (paling kanan) dan tap tombol Jual Barang.
  • Ini bedanya BukaLapak dan Tokopedia. Di Bukalapak, Anda tidak harus membuat toko terlebih dahulu, melainkan langsung bisa menambahkan produk dengan nama toko adalah nama Anda.

Screenshot_2018-04-18-14-56-33-771_com.bukalapak.android

 

  • Selanjutnya lengkapi data-data tentang produk seperti gambar, nama, harga, berat, stok, deskripsi dan lain-lain. Jika sudah lengkapi di tahap ini, tap menu Lengkapi Rincian Produk.

Screenshot_2018-04-18-15-06-17-790_com.bukalapak.android

 

  • Isi kembali data yang belum lengkap.
  • Dan terakhir, tap tombol Jual atau Simpan draf jika ingin terlebih dahulu disimpan untuk nanti diedit kembali.

Screenshot_2018-04-18-15-10-20-675_com.bukalapak.android

 

Memulai Jualan via Desktop

  • Buka situs BukaLapak, login ke akun Anda kemudian tap ikon toko di sebelah kanan atas. Kemudian klik tombol Mulai Jualan.

screenshot-www.bukalapak.com-2018-04-18-15-11-18

 

  • Selanjutnya, isi semua kolom yang diminta, pastikan isiannya lengkap dan jelas. Jangan lupa unggah pula beberapa gambar produk Anda. Jika sudah lengkap, klik tombol Jual.

screenshot-www.bukalapak.com-2018-04-18-15-13-38

 

  • Tanpa proses yang ribet, setelah tombol Jual Anda klik, maka produk sudah langsung terpajang di toko dan Anda sudah bisa mulai melakukan promosi.
  • Setelah produk pertama berhasil dipasang, barulah konfigurasi lengkap lapak bakal muncul di toko Anda. Jika tadi hanya muncul tombol Mulai Jualan, sekarang Anda akan dapati beberapa opsi lain seperti Upgrade to Premium, Daftar barang, label barang, Lapak saya, dan lain-lain.

screenshot-www.bukalapak.com-2018-04-18-15-18-20

Tips Berjualan di BukaLapak

Menambahkan produk terlihat seperti sebuah pekerjaan yang mudah dan sederhana. Padahal, langkah ini turut menentukan keberhasilan sebuah produk, turut menentukan konversi penjualan. Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan saat menyelesaikan tahapan ini.

  • Pastikan nama produk mengandung kata kunci yang mudah dikenali, misalnya jika Anda menjual jam tangan, pastikan diawali dengan kata kunci “jam tangan”, bukan hanya merknya saja.
  • Lengkapi informasi produk mencakup warna, ukuran, bahan, fitur, berat, dan juga informasi lain terkait bagaimana produk memberikan manfaat kepada pembeli. Informasi ini akan membuat pembeli merasa yakin dengan Anda, bahwa toko Anda dikelola secara serius dan profesional.
  • Tawarkan diskon untuk produk tertentu.
  • Tambahkan beberapa buah foto dari sudut yang berbeda agar pembeli semakin tertarik.
  • Gunakanlah foto produk yang sebenarnya, bukan dari internet atau modifikasi aplikasi.
  • Gunakan teknik psikologi harga. Misalnya, jika harga produk Rp 200.000, ubah menjadi Rp 199.000 atau jika harganya Rp 250.000, ubah menjadi Rp 149.000. Strategi ini menuntut Anda mengalah Rp 1000 tapi berpotensi mendapatkan lebih banyak penjualan.

Selamat berjualan, semoga tambah laris!

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…