Cara Bikin Video Live Streaming di Facebook Versi Web

Fitur ini mungkin belum dijumpai oleh semua orang

Selain menggulirkan fitur live video streaming ke mobile, Facebook juga menghadirkan fitur yang sama ke platform desktop atau web. Artinya, pengguna kini juga bisa menyiarkan video secara langsung melalui komputer, tidak harus selalu dengan ponsel.

Fitur ini mungkin belum dijumpai oleh semua orang, tapi bagi yang sudah, Anda bisa memulai siaran dengan langkah-langkah ini.

  • Buka browser dan login seperti bisa ke akun Facebook Anda, kemudian klik kolom status dan klik tombol more (tombol tiga titik), maka nanti akan muncul jenis konten selain Photo/video dan Feeling/activity, salah satunya adalah Live Video. Kemudian klik tombol Next.

 

  • Sebelum video siaran langsung dapat disiarkan, Facebook akan meminta izin mengakses kamera dan juga mikrofon. Klik Allow di jendela notifikasi yang muncul di layar.

  • Setelah kamera aktif dan Anda dapat melihat video tinjauan, artinya video siarang langsung siap untuk ditayangkan. Klik Go Liveuntuk memulai penayangan.

  • Di proses ini silahkan menyiarkan apapun yang ada dalam rencana Anda. Apabila sudah cukup, akhiri siaran langsung dengan mengklik tombol Finish.

Selesai, setelah ini siaran langsung diakhiri, video akan terpajang di timeline Anda. Di proses ini Anda punya kendali penuh, termasuk menghapus video jika dirasa perlu.

Jika Anda sudah pernah menggunakan fitur Facebook Live di smartphone, tentu Anda akan menyadari adanya banyak perbedaan di sini. Entah mengapa Facebook tidak menyediakan fitur untuk menayangkan video hanya ke orang-orang tertentu, termasuk pengaturan privasi. Saya menduga versi ini masih dalam tahap pengembangan, dan kemungkinan besar kekurangan tersebut akan disematkan di pembaruan berikutnya.

Sumber gambar header Behindthelenscap.