MSME Tutorial

Cara Cek dan Cairkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) UMKM 2022

Bagi pelaku usaha terutama UMKM atau usaha mikro, kecil dan menengah, bersiaplah menerima bantuan langsung tunai (BLT) dari pemerintah. Sebelumnya, BLT serupa telah diberikan sejak 2020, dalam rangka pemulihan ekonomi nasional.

BLT UMKM sendiri merupakan bantuan khusus yang diberikan pemerintah kepada pelaku UMKM, khususnya bagi yang terdampak pandemi Covid-19. Besaran BLT yang akan diterima ini senilai Rp 600 ribu.

Untuk mendapatkan BLT UMKM 2022, terdapat syarat-syarat khusus yang perlu dipenuhi. Misalnya, pelaku UMKM bukan merupakan ASN, anggota TNI/Polri, dan pegawai BUMN atau BUMD. Lalu, tidak sedang menerima kredit usaha mikro (KUR) dari perbankan manapun.

Lantas, bagaimana cara mengetahui apakah Anda termasuk ke dalam pelaku UMKM penerima BLT UMKM 2022? Serta bagaimana cara mencairkan dana bantuan tersebut? Berikut langkahnya.

Langkah Cek Penerima Bantuan UMKM 2022

  • Isi Nomor KTP dan Kode Verifikasi.
  • Lalu, klik Proses Inquiry.

  • Jika sudah berhasil masuk, Anda akan mendapatkan informasi apakah sudah mendapatkan bantuan atau tidak.

  • Jika sudah terdaftar sebagai penerima BLT UMKM 2022, pelaku UMKM bisa langsung mendatangi kantor BRI, untuk mencairkan dana bantuan UMKM atau langsung ditransfer ke rekening penerima.

Syarat Mencairkan BLT UMKM 2022

Setelah dinyatakan terdaftar sebagai penerima BLT UMKM 2022, pelaku UMKM dapat mencairkan dana bantuan tersebut, dengan syarat-syarat sebagai berikut:

  • Penerima BLT UMKM wajib melampirkan buku tabungan dan Kartu ATM.
  • Penerima wajib membawa Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP).
  • Penerima harus membawa surat Pernyataan yang ditandatangani oleh petugas Desa daerah setempat.
  • Penerima wajib menunjukkan notifikasi pesan SMS pemberitahuan penerima BLT UMKM atau BPUM.

Demikian informasi mengenai cara cek penerima dan mencairkan dana BLT UMKM 2022, melalui eform BRI. Pastikan setiap persyaratan dan prosesnya terpenuhi, sehingga dana bantuan UMKM dapat segera diterima.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter