1. Entrepreneur

[Panduan Pemula] Cara Cek Status Pembelian dan Melacak Paket di Tokopedia

Pembeli jadi lebih tenang

Biasanya, setelah melakukan pembelian di Tokopedia, pembeli pemula cenderung merasa gelisah menunggu paket tiba di rumah. Wajar, di marketplace sekelas Tokopedia sekalipun tak luput dari kasus penipuan. Selalu ada cara bagi oknum nakal untuk mendapatkan keuntungan dari pembeli pemula.

Tokopedia sendiri sudah memiliki fitur yang semakin lengkap, beberapa di antaranya fitur pengecekan status pesanan dan kini juga sudah disediakan tombol Lacak yang memperkenankan pembeli mengikuti pergerakan paket di setiap titiknya.

  • Untuk mengecek status pesanan, klik ikon lonceng di kanan atas aplikasi Tokopedia.

  • Ketika muncul menu dropdown, Anda akan mendapati angka berwarna merah di salah satu opsi, bisa saja di Menunggu Konfirmasi (artinya pesanan sedang menunggu konfirmasi), Sedang Diproses atau Sedang Dikirim. Di kasus ini, pesanan saya ternyata Sedang Dikirim. Maka, tap saja opsi tersebut.

  • Selanjutnya Anda akan mendapati nama barang yang Anda pesan, tap saja.

  • Ini adalah rincian pesanan Anda, di mana Anda dapat menemukan status pesanan di bagian teratas. Kemudian informasi tanggal pembelian no invoice, kemudian pilihan ekspedisi dan juga nomor resi.
  • Jika Anda ingin melacak paket yang dikirimkan, tinggal tap tombol Lacak.

  • Seperti ini hasil pelacakan yang saya lakukan. Informasi ini sudah saya bandingkan dengan pelacakan melalui situs resmi JNE dan hasilnya benar-benar sama.

  • Jika Anda masih membutuhkan informasi terkait paket, Anda juga bisa menanyakan langsung ke penjual dengan men-tap tombol Tanya Penjual kemudian bercakap-cakap melalui fitur chat yang disediakan.

Demikian tadi cara memeriksa status barang dan melacak paket di Tokopedia, semoga membuat Anda lebih tenang menunggu paket sampai di rumah.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again