BPJS perlahan terus memperbaiki diri, terlepas dari kisruh yang masih terjadi di sejumlah wilayah, secara keseluruhan pelayanan BPJS sudah berada di jalur yang benar. Misalnya untuk proses pengecekan tagihan dan status, pasien tidak harus repot-repot datang ke kantor BPJS dan mengantre lama, kini cukup dengan smartphone kedua informasi tersebut dapat diakses dengan mudah, di manapun dan kapanpun. Caranya begini.

  • Unduh dan install dahulu aplikasi BPJS Kesehatan Mobile di perangkat Android Anda.
  • Selanjutnya jalankan aplikasi dan klik Register untuk mendaftarkan diri Anda. Isi kolom yang kosong, kemudian klik Register jika semua sudah terisi dengan benar. Tetapi perlu diingat, pendaftaran di sini hanya untuk akun di aplikasi ya, bukan pendaftaran anggota BPJS baru.

Screenshot_2017-03-27-14-58-55

  • Berikutnya, cek email yang Anda gunakan untuk mendaftar untuk melihat kode verifikasi. Masukkan kode tersebut ke aplikasi.
  • Apabila verifikasi berhasil, Anda akan melihat tatap muka seperti ini. Artinya, Anda sudah berhasil masuk ke akun BPJS Anda. Untuk melihat status keanggotaan, klik menu Peserta.

Screenshot_2017-03-27-14-59-18

 

  • Seperti ini penampakannya.

Screenshot_2017-03-27-14-59-43

  • Tombol menu juga bisa Anda temukan di sebelah kiri layar, dan menu Tagihan ada di antaranya.

Screenshot_2017-03-27-14-57-43

  • Sesuai labelnya, menu ini berisikan rincian tagihan yang harus Anda bayarkan segera.

Screenshot_2017-03-27-14-59-24

Selain memeriksa jumlah tagihan dan status keanggotaan, di aplikasi BPJS Kesehatan Mobile ini, Anda juga bisa membaca aturan main dan prosedur klaim, lokasi kantor BPJS, catatan pembayaran, memeriksa virtual account, hingga skrining riwayat kesehatan. Untuk kalangan pasien umum, fitur ini menurut saya sudah lebih dari cukup.

Sumber gambar ksp.