17 January 2017

by Bambang Winarso

[Panduan Pemula] Cara Cleaning Printer HP Deskjet 1110 Series

Cleaning mengobati masalah pada printer, khususnya untuk mengatasi cetakan yang putus-putus

Masalah pada printer dapat disebabkan oleh banyak hal, bisa dikarenakan piranti lunaknya yang error, tinta yang beku atau catridge yang kotor. Semua permasalahan tersebut membutuhkan perlakuan yang berbeda. Dan khusus untuk catridge atau kepala tinta yang kotor, Anda bisa melakukan cleaning yang merupakan salah satu prosedur standar di hampir semua merk printer.

Khusus untuk printer model HP Deskjet 1110 Series, prosedur cleaning dilakukan dengan cara ini.

  • Colokkan printer Anda ke komputer kemudian jalankan aplikasi HP DeskJet 1110 series baik melalui desktop ataupun Start Menu di komputer Windows Anda.

  • Setelah aplikasi printer Anda berjalan, klik menu Print - Maintain Your Printer.

  • Selanjutnya sebuah jendela popup akan tampil di layar. Di posisi menu tabDevice Services, klik Clean Ink Catridges.

  • Sekarang prosesor cleaning sedang berlangsung, tunggu sampai benar-benar selesai.

  • Jendela ini akan tampil saat proses cleaning selesai. Klik Print untuk melihat hasilnya. Jika printer sudah bekerja dengan normal, maka cleaning berhasil mengatasi masalah Anda. Tapi jika masih putus-putus, Anda bisa mengulangi langkah cleaning di atas sebanyak 3x. Jika masih belum beres, klik menu Second-level Clean lalu cetak lagi untuk melihat hasilnya.

Selamat mencoba dan semoga penyakit printer Anda segera teratasi. Tapi, jika ternyata belum terselesaikan, sementara kondisi tinta dalam keadaan penuh, maka ada baiknya Anda mempertimbangkan untuk membeli catridge yang baru.

Sumber gambar header eBuyer.