[Ask the Expert] Bagaimana Cara Daftar Google Adsense Lewat YouTube?

Program Google Adsense akan memberikan kesempatan pendapatan bagi pengunggah video YouTube

Google Adsense secara singkat dapat didefinisikan sebagai program kerjasama iklan yang terbuka bagi siapa saja. Bagi pengelola blog, situs, aplikasi mobile dan video. Dengan mengikuti program Google Adsense, mereka dapat memperoleh kesempatan pendapatan dari iklan yang ditampilkan di blog, aplikasi atau video.

Ada beberapa metode pendaftaran Google Adsense, salah satu yang paling mudah adalah lewat YouTube. Tapi perlu dicatat, bahwa akun Adsense yang terdaftar melalui YouTube adalah jenis akun "hosted". Jenis akun ini hanya dapat menampilkan iklan di layanan YouTube dan layanan milik Google, tidak bisa di blog atau aplikasi mobile.

Salah seorang pembaca Dailysocial, Dani di Bogor bertanya mengenai cara daftar Google Adsense melalui YouTube. Dani kebetulan adalah seorang pembuat video yang eksis di YouTube dan berkeinginan menguangkan hasil karyanya.

Berikut adalah tutorial ask the expert sebagai jawaban untuk pertanyaan saudara Dani. Selamat mengikuti!

Tahap Pertama

  • Daftarkan akun Google terlebih dahulu, bisa dari Gmail atau dari YouTube. Harap diingat, akun Google, Gmail dan YouTube saling terkait. Jadi, jika Anda sudah punya Gmail, Anda tidak perlu membuat akun YouTube lagi.
  • Di situs YouTube temukan menu Sign up di kanan atas. Atau silahkan ikuti tutorial di artikel ini dan ini.
  • Berikutnya unggah video pertama ke YouTube. Saya tidak akan bahas panjang lebar caranya, silahkan baca di tutorial ini.

Tahap Kedua

  • Setelah video diunggah, sekarang masuk ke Creator Studio - Channel lalu klik Enable tepat di opsi Monetization.

Mengaktifkan fitur monetasi di channel YouTube

  • Di halaman berikutnya, klik Enable My Account.

Mengaktifkan akun Adsense di YouTube

  • Beri tanda centang pertanda Anda setuju dengan aturan main Google Adsense, kemudian klik I accept.

Persetujuan layanan Google Adsense di YouTube

  • Beri tanda centang lagi pada opsi yang ditampilkan, kemudian klik Monetize.

Konfirmasi terakhir pengaktifan Google Adsense di YouTube

  • Setelah proses di atas terlewati, video Anda sudah dalam status termonetasi. Tapi pekerjaan Anda belum selesai, Anda harus mengaitkan YouTube ke akun Google Adsense agar dapat menguangkan video-video Anda. Untuk itu, klik menu Link my account pada notifikasi yang diberikan di layar.

Fitur monetasi Adsense di YouTube sudah aktif

Tahap Ketiga

  • Di tahap terakhir, Anda akan langsung dihantarkan pada halaman ini. Berhubung akun Google tadi sudah Anda buat, maka klik menu Sign in.

Menghubungkan akun Google Adsense ke YouTube

  • Berikutnya pilih negara domisili Anda dan klik Continue.

Pemilihan lokasi akun Anda

  • Terakhir, isilah formulir pendaftaran dengan data diri Anda yang valid. Jika sudah terisi semua, klik send my application.

Pengisian data-data pribadi pemilik akun

Setelah terkirim, silahkan tunggu beberapa jam sampai ada email pemberitahuan bahwa akun Anda sudah aktif. Inilah tutorial singkat bagaimana cara mendaftarkan Google Adsense lewat YouTube. Semoga bermanfaat dan semoga segera disetujui!