27 March 2018

by Bambang Winarso

Cara Daftar Akun BukaReksa di Aplikasi BukaLapak Android

Sebelum berinvestasi, Anda wajib membuat akun BukaReksa terlebih dahulu

Bagi yang belum mengetahui, di BukaLapak sudah sejak tahun lalu menawarkan investasi Reksadana dan Emas. Tidak hanya lebih mudah, karena Anda cukup membuka smartphone untuk berinvestasi, tapi juga nilai investasinya yang sangat terjangkau. Untuk BukaReksa (lapak Reksadana), Anda bisa memulai dengan Rp 10.000, sedangkan untuk BukaEmas (lapak emas) mulai 0,005 gram atau sekitar Rp 3.000-an.

Lapak investasi ini menjadi solusi bagi mereka yang enggan atau masih merasa ragu dengan keamanan dua komponen investasi ini. Bagaimana tidak, dengan biaya yang bahkan lebih murah dari pulsa ponsel, pengguna sudah bisa berinvestasi tanpa harus merasa terbebani oleh bayang-bayang kerugian. Walaupun pada faktanya semua instrumen investasi mempunyai resiko.

Lalu, bagaimanakah cara membeli Reksadana di BukaLapak? Bisa, tapi sebelum membeli memulai investasi, Anda wajib membuat akun BukaReksa terlebih dahulu. Berikut adalah langkah-langkah yang harus Anda lalui.

  • Unduh dahulu aplikasi BukaLapak di smartphone Anda dan daftarkan akun terlebih dahulu.
  • Setelah itu, tap menu BukaReksa.

 

  • Biasanya, saat pertama kali membeli beberapa produk, Anda harus melakukan verifikasi email terlebih dahulu.

 

  • Masukkan alamat email yang masih valid, dan jangan lupa sandi akun BukaLapak.

 

  • Unggah kartu tanda penduduk Anda, lalu lengkapi data-data yang diminta.

 

  • Karena pendaftaran ini membutuhkan tanda tangan Anda, maka Anda juga harus menanda-tangani dokumen melalui media digital yang disediakan oleh BukaLapaka. Caranya, tap Kirim SMS saat sampai di langkah ini.

 

  • Selanjutnya, sebuah pesan singkat akan dikirimkan beserta sebuah tautan. Tap tautan tersebut untuk dibuka dengan browser.

 

  • Masukkan token yang dikirimkan melalui pesan singkat tadi, lalu tap Verifikasi.

 

  • Ketika muncul perintah seperti ini, miringkan smartphone dalam posisi lanskap. Kemudian akan muncul area untuk membubuhkan tanda tangan. Bubuhkan tanda tangan Anda semirip mungkin. Jika kurang mirip, tap tombol Reset Tanda Tangan dan jika sudah tap Simpan Tanda Tangan.

 

  • Jika sudah, tutup browser dan kembali ke formulir pendaftaran BukaReksa tadi lalu tap Lihat Tanda Tangan. Secara instan tanda tangan Anda tadi akan muncul di formulir ini, jika dirasa sudah pas tap tombol Daftar.

 

  • Anda sudah berhasil mendaftarkan akun BukaReksa, tapi dalam status menunggu alias belum disetujui. Jika disetujui, BukaLapak akan mengirimkan surat elektronik ke email Anda yang sudah didaftarkan sebelumnya.

 

Cukup panjang ya? Tidak hanya itu. Sampai tulisan ini dibuat, akun saya belum disetujui oleh BukaLapak karena alasan tanda tangan. Saat ini saya masih menunggu proses verifikasi yang kedua. Setelah akun saya disetujui, kita akan mengulas tutorial cara membeli Reksadana di BukaReksa. Mudah-mudahan dalam waktu segera.

Sumber gambar header BukaLapak.