Categories

Tips & Trik

[Panduan Pemula] Cara Daftar dan Menggunakan Aplikasi LINE

Bambang Winarso - 7 September 2015

LINE adalah salah satu aplikasi pesan instan yang paling digandrungi di Indonesia bahkan dunia. Jadi jika Anda baru pertama kali menggunakan smartphone Android atau iOS, LINE wajib ada di dalamnya. Masalahnya, bagi yang baru pertama kali mengenal LINE, aplikasi ini terasa begitu rumit bahkan hanya untuk sekdar mendaftarkan akun.

Tak perlu kesal atau minder, tutorial ini akan memandu sobat bagaimana cara mendaftarkan akun sekaligus cara menggunakan aplikasi LINE.

Mendaftar Akun LINE

  • Buka dulu aplikasi Play Store di ponsel pintar Anda. Tap menu Appkemudian ketikkan “line” di form pencarian. Biasanya sistem akan memberikan saran pencarian langsung ke aplikasinya.

  • Setelah aplikasi ditemukan, tap tombol Install – Accept.

  • Apabila aplikasi sudah terpasang, karena filenya cukup besar jadi proses unduhan memakan waktu beberapa menit. Sekarang jalankan aplikasi LINE di ponsel Anda. Saat aplikasi sudah berjalan, Anda akan melihat tampilan seperti ini. Tap saja tombol Sign up untuk membuat akun baru.
  • Lalu masukkan nomor ponsel yang ingin Anda gunakan dan tap Nex.

  • Berikutnya tunggu pesan SMS masuk, biasanya apabila pesan singkat verifikasi sudah masuk, aplikasi akan secara otomatis menginput empat kode yang dikirimkan. Tetapi bila tidak demikian, terpaksa Anda harus membuka isi pesan SMS tersebut dan menyalin empat digit kode yang dikirim.

Info Menarik:5 Stiker LINE Buatan Lokal yang Paling Digemari

  • Setelah kode masuk, tap Next. Kemudian ketikkan nama dan unggah foto profil Anda. Lalu tutup dengan men-tap tombol Register.

  • Sistem kemudian akan melakukan sinkronisasi data dan kembali meminta Anda mendaftarkan akun yang kali ini berupa email dan kata sandi. Detail ini nanti dapat digunakan untuk mengakses LINE di PC. Berbeda dengan prosedur pendaftar yang baru saja kita lakukan di atas. Artinya, jika tidak ingin Anda boleh langsung men-tap Register lateruntuk langsung menuju ke layanan utama LINE.

  • Saya asumsikan Anda ingin membuat akun, maka isi form email dan kata sandi di halaman tersebut lalu tap Register Now.
  • Sistem sekali lagi akan meminta verifikasi, tapi kali ini melalui email. Jadi cek inbox email yang Anda gunakan tadi untuk memeriksa empat digit kode verifikasinya. Jika sudah ada, masukkan empat digit kode tersebut ke form kosong yang disediakan dan kemudian tap Register.

  • Selesai, akun sudah terverifikasi. Akun LINE Anda sudah siap untuk digunakan.

Berikutnya: Cara Menggunakan LINE…..

 

 

Menggunakan LINE

  • Dalam posisi sedang aktif, Anda akan menemukan beberapa menu di bagian atas yang ditandai dengan ikon-ikon yang berbeda. Menu paling kiri adalah menu kontak teman Anda, tap dan Anda akan dapat menemukan daftar teman yang sudah ditambahkan. Dari menu ini Anda dapat memulai obrolan atau panggilan.

  • Menu jam mewakili fitur timeline, di sini Anda dapat menuliskan status atau apapun yang sedang dirasakan. Anda juga bisa menyisipkan stiker agar lebih ekspresif. Kemudian menu telepon untuk mengakses panggilan suara ke kontak Anda.

Info Menarik:[Panduan Pemula] Tutorial Baca Komik Gratis di Ponsel dengan LINE Webtoon

  • Di sisi paling kanan ada tiga bua titik yang merupakan tempat tool-tool lain berdiam diri. Jika Anda tap, maka Anda akan menemukan sebaris tool mulai dari Add friends untuk menambah teman, Settings, Profile, Stiker dan lain-lain.

  • Untuk pertama kali sebaiknya buka menu Settings kemudian atur kembali akun Anda, misalnya mengatur soal notifikasi, akun, provasi, PIN dan sebagainya.

  • Setelah akun beres, baru cari teman baru. Tap menu Add friends kemudian pilih salah satu tool pencarian yang tersedia.

Selesai ya, sekarang silahkan Anda coba otak-atik sendiri. Sering-sering saja digunakan, perlahan Anda akan paham semua seluk beluk aplikasi LINE.

Sumber gambar header Twin Design/Shutterstock.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter