Bagi pengelola situs, Google Console – dulu Google Webmaster Tool – sudah jadi menu wajib karena di dalamnya ada banyak peralatan yang membantu Anda memantau kondisi situs, mulai dari performa indeks sampai dengan backlink yang menuju ke situs.

Dan ada kalanya, Anda harus memantau apakah backlink yang masuk aman dan tergolong situs yang lurus alias whitehat. Untuk memeriksa satu per satu kualitas backlink, Anda bisa mengunduh datanya dari Google Console.

  • Masuk ke Google Console dengan akun Anda, kemudian klik salah satu properties yang hendak dianalisa.

cara download data backlink di Google Console_1

  • Kemudian klik Search Traffic – Links to Your Site – lalu klik More.

cara download data backlink di Google Console_2

  • Di halaman berikutnya, klik tombol Download latest Link atau Download more sample links.

cara download data backlink di Google Console_3

  • Terakhir, Anda akan melihat jendela popup yang meminta Anda memilih jenis filenya. Rekomendasi saya dipilih opsi CSV.

cara download data backlink di Google Console_4

Tips Memeriksa Kualitas Backlink

Setelah Anda memperoleh daftar backink yang masuk ke situs Anda, selanjutnya analisa situs tersebut, dengan berpatokan pada beberapa hal.

  • Orisinilitas. Pastikan halaman tersebut menuliskan artikel baru yang orisinil, bukan copas dari tulisan Anda. Paling tidak, artikel sumber backlink melakukan modifikasi agar terlihat unik.
  • Semakin tua blog tersebut semakin baik. Cek berapa banyak tulisan yang sudah dipublikasikan dengan melihat arsip blog. Jika tidak tersedia, cek manual melalui mesin pencari dengan menggunakan kata kunci site:url situs.
  • Periksa konten secara keseluruhan, apakah konten yang disajikan mengandung unsur-unsur judi, pornografi atau segala hal yang dilarang oleh hukum dan agama.
  • Gunakan insting Anda untuk menilai kualitas blog. Jika Anda tidak menyukai desain, isi dan segala hal di blog tersebut, hapus saja dari daftar.

Setelah dianalisa, selanjutnya kita akan bahas cara meminta Google untuk tidak menghitung link tersebut sebagai backlink. Tool-nya juga disediakan oleh Google, namanya Disavow backlinks. Stay tuned ya!

Sumber gambar header Pixabay.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.