17 December 2018

by Bambang Winarso

[Panduan Pemula] Cara Edit Video Sederhana di Smartphone Xiaomi Tanpa Aplikasi

Beberapa fitur yang bisa dipakai antara lain Trim, teks, filter dan musik latar

Smartphone Xiaomi secara default membawa fitur editing video yang disematkan di dalam aplikasi galeri. Namun, karena fitur ini hanya menyediakan editor sederhana, banyak pengguna yang lebih memilih mengunduh aplikasi edit video pihak ketiga yang relatif powerful.

Tapi, jika Anda tak ingin menghadapi berbagai fitur yang rumit dan memilih menggunakan fitur bawaan Xiaomi, tips berikut ini semoga bisa memberikan gambaran langkah apa saja yang bisa Anda lakukan.

  • Jalankan aplikasi Galeri atau Gallery, kemudian tandai satu video yang ingin di-edit. Selanjutnya, tap menu Edit.

  • Fitur pertama yang bisa Anda pergunakan adalah Trim yang fungsinya untuk memangkas bagian video. Caranya mudah, cukup geser garis batas di awal dan ujung video, bagian di tengah adalah video yang akan dipertahankan.

  • Jika bagian yang tak diinginkan sudah dibuang, sekarang Anda bisa menambahkan filter untuk mengubah warna dan pencahayaan video secara instan. Ada banyak sekali filter yang disediakan oleh Xiaomi, Anda tinggal memilih satu yang dirasa paling oke. Atau, Anda bisa melewati langkah ini dan langsung ke langkah berikutnya.

  • Berikutnya, Anda bisa menambahkan teks yang terdiri dari dua opsi, judul dan kredit. Judul akan muncul di detik-detik awal dan akan hilang dengan sendirinya. Caranya cukup tap menu Text, lalu ketikkan kata-kata yang diinginkan, pilih jenis huruf dan selesai.

 

  • Fitur ini merupakan salah satu fitur yang paling saya inginkan, karena dengan fitur ini Anda bisa menyisipkan musik latar untuk menambahkan efek di dalam video. Anda bisa memilih satu dari beberapa pilihan musik, atau bisa saja melewatinya dan menggunakan audio bawaan video.

  • Apabila semua opsi sudah diterapkan dan dirasa sudah cukup bagus, tap menu Done dan aplikasi akan melakukan encoding untuk menggabungkan semua item yang ditambahkan. Nantinya Anda akan mendapati satu berkas video baru di galeri Anda.

Tutorial edit video di smartphone Xiaomi ini relatif mudah dilakukan oleh siapapun, tapi jika dilakukan dengan benar, video yang didapatkan juga tak kalah oke dengan hasil edit-an aplikasi pihak ketiga. Dua bagian yang paling penting untuk dipikirkan baik-baik adalah filter dan musik. Pastikan Anda memilih filter dan musik latar yang sesuai. Semoga bermanfaat, selamat mencoba!

Sumber gambar header Pixabay.