[Panduan Pemula] Cara Ekstrak File ZIP, RAR, 7z di Smartphone Android

[Panduan Pemula] Cara Ekstrak File ZIP, RAR, 7z di Smartphone Android

Menggunakan aplikasi ZArchiver yang bisa diunduh di Play Store
01
01

Ada banyak cara kompress dan ekstrak file berjenis RAR, Zip, dan 7Z. Salah satunya yang umum dilakukan adalah dengan memakai PC menggunakan alat bantu aplikasi WinRAR, WinZIP atau 7Zip. Tetapi jika Anda tidak dapat mengakses komputer, smartphone sudah lebih dari cukup.

Dengan modal smartphone Android Anda juga bisa melakukan kedua tugas, kompress dan ektrak file-file tersebut tanpa kesulitan berarti.

  • Pertama-tama, unduh dan install aplikasi Zarchiver dari Play Store.
  • Untuk melakukan kompress, Anda punya beberapa opsi berbeda. Yang pertama dengan langsung memilih jenis file ekstraksinya, sebagai contoh saya ingin mengekstrak file ke format 7z, maka saya tandai folder atau file-nya kemudian pilih Compress to 7z.

Screenshot_2018-10-22-16-45-48-684_ru.zdevs.zarchiver

 

  • Cara kedua, setelah menandai folder atau file pilih opsi Compress.

Screenshot_2018-10-22-16-45-48-684_ru.zdevs.zarchiver

 

  • Ketika muncul jendela popup, pilih format archive apakah z7, Rar atau Zip, sesuaikan pilihan Anda. Terakhir, tap OK.

Screenshot_2018-10-22-16-46-37-213_ru.zdevs.zarchiver

 

Selain tiga format archive di atas, apllikasi Zarchiver juga mendukung beberapa format lainnya, seperti tar, tar.gz, tar,xz, dan tar.lz4. Aplikasi ini juga menyediakan beberapa opsi pengaturan lanjutan, misalnya fitur keamanan menggunakan kata sandi, atau menghapus file asli setelah file kompress berhasil dibuat dan juga pembuatan file kompres terpisah.

Sumber gambar heade WinZip.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…