Cara Hemat Kuota Internet Saat Menikmati Musik di Spotify

[Panduan Pemula] Tips Hemat Kuota Internet untuk yang Gemar Streaming Lagu di Spotify

Tips ringan yang akan meringankan biaya data Anda setiap bulan
Ilustrasi; Logo Spotify/Pixabay
Ilustrasi; Logo Spotify/Pixabay

Mendengarkan musik dari layanan streaming seperti Spotify sudah jadi pilihan yang lumrah dewasa ini. Walaupun sejumlah orang menilai biaya internet di Indonesia masih terbilang mahal. Pandangan yang jadi alasan mengapa aplikasi berlabel “lite” laris manis di sini.

Jika Anda termasuk yang masih memperhitungkan konsumsi kuota saat bersenandung via Spotify, beberapa tips menghemat kuota internet ini bisa jadi masukan untuk dipertimbangkan.

Aktifkan fitur Data Saver

Tips yang pertama, aktifkan fitur data saver yang memang disediakan oleh Spotify. Fitur ini terdapat di men Your Library – Settings, kemudian posisikan opsi Data Saver ke On (menyala).

Screenshot_2018-10-11-15-09-42-972_com.spotify.music

Tapi perlu dicatat, bahwa ketika fitur ini diaktifkan, maka kualitas suara yang Anda dengarkan saat streaming otomatis akan berubah ke level terendah (low).

Aktifkan Fitur Offline Mode

Kedua, Spotify juga menyediakan modus offline yang memungkinkan Anda menikmati alunan musik tanpa internet. Syaratnya, Anda harus sudah mengunduh lagunya terlebih dahulu.

Matikan Fitur Autoplay

Fitur autoplay dibuat agar musik yang melantun di telinga pengguna tak berhenti karena album yang diputar usai. Ketika dalam kondisi aktif, Spotify akan terus memutar lagu yang dianggap berkaitan.

Beberapa orang suka mendengarkan musik menjelang tidur. Jika fitur ini diaktifkan dan Anda tertidur sampai pagi, maka selama itu pula data akan terbakar sia-sia.

Screenshot_2018-10-11-15-10-06-592_com.spotify.music

Untuk mematikan fitur autoplay, masih sama di panel pengaturan cukup temukan opsi Autoplay dan matikan tombolnya.

Atur Kualitas Audio

Spotify menawarkan dua pengaturan kualitas audio, untuk streaming dan download. Pengguna dengan mudah dapat mengatur seberapa bagus kualitas suara untuk masing-masing media tersebut, dari low hingga high.

Juga di panel pengaturan, temukan opsi Streaming dan Download kemudian pilih sendiri kualitas audio yang paling rendah untuk menekan konsumsi data seoptimal mungkin.

Screenshot_2018-10-11-15-10-20-638_com.spotify.music

Tips penutup yang juga bisa jadi pertimbangan adalah memanfaatkan jaringan internet publik yang tersedia di tempat Anda. Saat terhubung, unduh lagu-lagu favorit Anda sehingga nantinya bisa dinikmati secara offline. Semoga bermanfaat, selamat mendengarkan.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…