3 December 2019

by Bambang Winarso

Cara Import Preset ke Adobe Lightroom Mobile Android

Lebih mudah pakai preset yang sudah jadi ketimbang bikin sendiri

Adobe Lightroom secara default menyediakan berbagai macam preset, dan Anda pun bisa membuat preset sendiri untuk dijadikan koleksi pribadi atau dibagikan ke orang lain. Opsi ketiga, masih soal preset, Anda juga bisa meng-import preset yang dibagikan oleh orang lain untuk kemudian dipakai di foto Anda.

Tentu berbeda dengan proses pembuatan preset sendiri, untuk meng-import preset, Anda perlu mengunduh dahulu preset dari pemilik aslinya.

Setelah diunduh, jika masih dalam file rar, ekstrak dahulu hingga tuntas. Simpan di mana saja, lebih bagus di memori internal.

  • Jalankan Adobe Lightroom, kemudian tap menu kedua setelah tombol home atau di antara tombol home dan profil. Lalu tap ikon plus di kanan bawah.

  • Temukan folder yang tadi sudah Anda ekstrak, sekarang tandai semua foto format DNG yang tampil atau pilih yang menurut Anda paling menarik. Jika sudha, tap tombol Add.

  • Setelah berhasil ditambahkan, semua preset yang diunggah sudah bisa ditemukan di halaman terdepan. Dari sana, pilih salah satu gambar.

  • Lalu tap Create Preset.

  • Beri nama dan tandai efek atau filter yang ada di dalamnya. Terakhir tap tanda centang di kanan atas layar.

  • Jika sudah ditambahkan, selanjutnya Anda bisa menemukan preset-preset tersebut di menu Preset - User Presets.

Selesai, preset sekarang sudah tersimpan dan bisa dipakai sesuai kebutuhan.

Gambar header Moonandspoonandyum.