Cara Install dan Setting Plugin Yoast SEO - Bagian I

Bagian pertama dari tiga seri tutorial ini akan mengulas cara install plugin Yoast SEO dahulu

Plugin WordPress Yoast SEO merupakan salah satu plugin SEO yang paling populer di kalangan blogger. Plugin ini mempunyai banyak fitur yang berguna untuk memudahkan blogger mengatur beberapa fungsi blog WordPress self hosting, utamanya yang berkaitan dengan SEO atau search engine optimization.

Mengapa harus memakai plugin Yoast SEO?

Untuk menjawab pertanyaan ini kita harus akui bahwa WordPress adalah engine blog paling fleksibel yang memungkinkan kustomisasi di banyak bagian. Tapi, WordPress secara default tidak menyediakan alat untuk mengatur beberapa bagian terkait SEO seperti sitemap, pengaturan index halaman, meta title, description dan webmaster tool. Kekosongan itulah yang kemudian diisi oleh Yoast SEO, di mana dengannya Anda dapat memperoleh fungsi-fungsi tersebut dalam satu atap.

Cara Install plugin Yoast SEO

Artikel tutorial ini rencananya terbagi atas tiga bagian. Di bagian pertama ini saya akan fokus pada cara install plugin Yoast SEO, nanti di bagian berikutnya akan masuk pada setting plugin dan praktek penggunaan beberapa fiturnya.

  • Silahkan login ke dashboard blog WordPress self hosting Anda, kemudian arahkan kursor ke menu Plugins - Add New.
  • Selanjutnya ketikkan "Yoast SEO" di form pencarian dan tekan enter.

  • Apabila sudah ditemukan, klik tombol Install Now dan biarkan proses instalasi berlangsung. Biasanya hanya memakan waktu beberapa detik.
  • Setelah terpasang, sekarang klik Activate Plugin untuk mengaktifkan plugin.

  • Jika sudah aktif, maka Anda akan mendapati sebuah menu baru berlabel SEO di dashboard blog Anda.

Di panel inilah Anda dapat mempergunakan seluruh fitur plugin Yoast SEO. Di bagian dua nanti kita akan bahas satu per satu, apa kegunaannya dan bagaimana cara pakainya. Stay tuned ya...

Sumber gambar header WordPressORG.