Categories

Glossary

Cara Jitu Kelola Pelanggan Lewat Customer Relationship Management

Tidak hanya mengikat kesetiaan pelanggan, tapi Customer Relationship Management (CRM) juga dapat meningkatkan bisnis perusahaan

Asti - 17 November 2021

Pelanggan merupakan salah satu kunci dari kesuksesan bisnis. Untuk menjaga keloyalan mereka, perusahaan harus bisa memberikan pelayanan yang baik dan memuaskan. Perusahaan dituntut dapat mengelola hubungan yang baik dengan pelanggan mereka. Pengelolaan hubungan ini dapat dilaksanakan dengan menerapkan Customer Relationship Management atau Manajemen Hubungan Pelanggan. Tapi, apa itu Customer Relationship Management?

Customer Relationship Management (CRM) merupakan langkah yang dilakukan oleh perusahan untuk meningkatkan kesetiaan pelanggan, meningkatkan pendapatan dan keuntungan, serta mengurangi pengeluaran. Strategi ini tidak hanya dilakukan untuk kepuasan pelanggan semata, namun untuk meningkatkan bisnis perusahaan. CRM dapat mengurangi biaya produksi serta bisa mendapatkan pendapatan secara optimal.

Selain itu, CRM juga memiliki manfaat lain seperti, mendorong loyalitas pelanggan dengan memanfaatkan informasi pelanggan mulai dari call center, website, hingga staf pemasaran, sekaligus meningkatkan efisiensi operasional kerja karena mempu memberikan kemudahan dalam penawaran produk, yakni dengan memaksimalkan penggunaan berbagai macam channel yang ada.

Salah satu cara bentuk dari CRM yaitu menggunakan email marketing. Penggunaan email marketing ini bisa menjadi sebuah campaign sehingga marketer dapat menjangkau audiens lebih jauh dengan menitik beratkan pada kedekatan secara personal. Cara ini dapat dilakukan untuk menggaet audiens yang belum melakukan pembelian menjadi pembeli, dan pembeli bisa menjadi pelanggan. Penggunaan email marketing terbilang cukup efektif, sebab hampir 90 persen pelaku bisnis menggunakan email marketing untuk peningkatan penjualan. Return of Investment (ROI) juga bisa dicapai dengan maksimal.

Untuk bisnis B2B, email marketing terbilang efektif untuk digunakan dan terbukti dapat meningkatkan penjualan dibandingkan channel lainnya. Sebesar 87% B2B marketer menggunakan email marketing untuk men-generate leads baru, sementara 31% dari B2B marketer menyatakan bahwa email marketing adalah channel yang memberikan dampak terbesar pada peningkatan revenue.

Itulah penjelasan dari pertanyaan “Apa itu Customer Relationship Management?”. Penggunaan CRM dapat mengelola hubungan customer terasa menjadi lebih mudah dan dapat mewujudkan sistem manajemen yang dapat mengelola, serta melayani setiap kebutuhan customer yang terkait dengan produk dan layanan yang ditawarkan oleh perusahaan.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter