MSME Tutorial

Tips Jualan Laris Manis di TikTok Shop, Gak Cuma Ajangnya Jedag-jedug

Serangkaian tips bagi pelaku usaha dalam meningkatkan penjualan usaha dengan berjualan di TikTok Shop.

TikTok Shop merupakan platform social commerce yang tengah digandrungi masyarakat, mulai dari content creator, pelaku usaha hingga brand-brand ternama. TikTok Shop hadir seiring dengan meningkatnya daya beli masyarakat secara online.

Fitur TikTok satu ini memungkinkan penggunanya dapat membuat konten sekaligus melakukan transaksi jual beli langsung, tanpa harus beralih ke platform lain. Tak hanya itu, pengguna juga dapat memanfaatkan fitur siaran langsung untuk kegiatan jual beli.

Platform ini memberi keuntungan yang menjanjikan bagi penjualnya dengan segala fitur yang disediakan. Maka dari itu, TikTok Shop layak menjadi platform yang digunakan penjual dalam upaya meningkatkan keuntungan usahanya.

Cara Untung Jualan di TikTok Shop

Dalam upaya meningkatkan keuntungan usahanya, pelaku usaha perlu mengetahui dan memahami cara berjualan di platform social e-commerce satu ini. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan, beserta penjelasannya.

1. Buat Konten Promosi Sesuai Tren

Konten promosi dapat dibuat oleh penjual untuk menarik perhatian pengguna TikTok, sehingga tertarik untuk membeli produk yang dipromosikan. Cara menarik perhatian tersebut dapat dilakukan dengan menerapkan strategi tertentu, misalnya mengikuti perkembangan tren.

Tren di TikTok sendiri biasanya dapat berupa konsep konten, hashtag, hingga musik atau sound yang digunakan. Dari tren tersebut, pelaku usaha dapat membuat video promosinya seputar produk yang ditawarkan, tutorial, review hingga cerita inspiratif usaha Anda.

2. Konsisten Lakukan Promosi

Selain membuat konten yang mengikuti perkembangan tren, pelaku usaha juga perlu konsisten dalam melakukan promosi. Tak hanya melalui konten, promosi dapat dilakukan dengan cara aktif melakukan siaran langsung, bahkan dengan berkomentar di unggahan konten yang relate dengan produk Anda. Cara ini dapat meningkatkan brand awareness usaha.

3. Kerjasama Influencer TikTok

Content creator atau influencer di TikTok, terlebih yang telah memiliki banyak pengikut, biasanya akan mendapat penonton atau views konten yang banyak. Sehingga, kerja sama dengan mereka, melalui endorsement dapat dimanfaatkan oleh pelaku usaha untuk meningkatkan brand awareness, bahkan meningkatkan penjualan usaha.

4. Gunakan Fitur Iklan TikTok Ads

Cara terakhir raup keuntungan dengan berjualan di TikTok adalah dengan memanfaatkan fitur iklan yakni TikTok Ads. Fitur ini dapat membantu pelaku usaha menjangkau audiens yang lebih besar dan sesuai dengan target market yang dituju.

Ada pun TikTok ads menyediakan beberapa jenis iklan yang dapat kamu gunakan, di antaranya: InFeed Ads, Promotes Hashtag Challenge, Branded Filter dan Brand Takeover. Berikut penjelasannya:

  • InFeed Ads, adalah jenis iklan yang akan muncul di feed pengguna. Jenis iklan satu ini paling banyak digunakan oleh pelaku usaha.
  • Promotes Hashtag Challenge, yakni jenis iklan yang akan mengajak penggunanya memakai sebuah tagar tertentu.
  • Branded Filter, yakni jenis iklan berupa efek atau filter khusus yang berisi informasi produk.
  • Brand Takeover, merupakan iklan eksklusif berupa gambar, gif, dan video yang akan muncul satu kali sehari ketika membuka aplikasi. Biasanya, jenis iklan ini digunakan oleh brand-brand besar.

Demikian serangkaian cara meningkatkan penjualan usaha dengan berjualan di TikTok Shop. Semoga bermanfaat bagi pelaku usaha dalam mengembangkan dan memajukan usahanya.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter