22 November 2017

by Bambang Winarso

Cara Logout atau Menghapus Akun Google di Perangkat Lain Jarak Jauh

Langkah ini diambil untuk mencegah resiko pelanggaran privasi dan penyalah-gunaan lainnya

Smartphone, khususnya Android punya kelebihan yang dibuat untuk kemudahan, di mana Anda dapat login dengan akun yang sama di banyak perangkat, sehingga data-data seperti kontak, aplikasi, unduhan, browser, email akan tampil sama persis di semua perangkat.

Tapi kemudahan ini juga punya resiko yang mengancam, misalnya ketika salah satu ponsel pintar Anda hilang, atau anggaplah sengaja dijual tapi ternyata Anda lupa melakukan reset terlebih dahulu. Nah, pastinya pemilik perangkat yang baru bisa mengakses semua data akun tanpa sepengetahuan Anda. Lebih buruk, ia bisa menjadi Anda dan berpotensi menimbulkan banyak masalah. Tapi jangan panik dulu, karena Google sudah memikirkan solusi untuk mengatasi skenario buruk semacam ini.

Dengan fitur yang sudah disediakan, Anda bisa menghapus atau log out akun Gmail yang dipakai perangkat lain dengan cara remote atau jarak jauh. Begini langkah-langkahnya.

  • Buka halaman https://myaccount.google.com atau klik di sini.
  • Kemudian Sign in menggunakan akun Google yang Anda ingin hapuskan.

  • Setelah login, klik Login & keamanan.

  • Geser layar ke bawah, temukan headingAktivitas & notifikasi perangkat. Bagian ini memuat daftar perangkat yang telah atau pernah mengakses akun tersebut. Di sana, silahkan Anda perhatikan ada tidak perangkat yang sudah dijual atau hilang. Jika ada, klik Tinjau Perangkat.

  • Pilih perangkat yang ingin dihapus, kemudian klik tombol Hapus.

  • Berikan konfirmasi dengan mengklik tombol Hapus sekali lagi.

  • Berhasil, perangkat sudah dihapus. Maka, secara otomatis perangkat tersebut akan logout dari akun Anda.

Beberapa Hal Penting Terkait Akun Google di Android

Sebelum berpisah, saya ingin memberikan sajian penutup, yakni beberapa hal penting terkait akun Google di perangkat Android. Saya yakin masih banyak teman-teman di luar sana yang mengetahuinya.

  • Perlu sobat ketahui, bahwa data-data seperti kontak, email, catatan, kalender, unduhan aplikasi bisa Anda akses di perangkat berbeda dengan syarat Anda harus login dengan email yang sebelumnya dipakai. Misalnya Anda membeli smartphone Android baru. Anda tidak perlu repot memindahkan kontak, karena begitu Anda login dengan akun yang sama, maka kontak juga otomatis ikut berpindah ke perangkat yang baru.
  • Sinkronisasi data bisa dimatikan dengan cara masuk ke menu Settings - Akun - Google - Sync kemudian hilangkan tanda centang pada data yang ingin dikeluarkan dari item-tem sinkonisasi.
  • Data kontak bisa eksport ke smartphone, ke cloud bahkan ke email lainnya selama UI perangkat Anda menyertakan tool untuk melakukannya. Tapi, secara default, Android memungkinkan hal itu dilakukan.
  • Meskipun data aplikasi dan game dipertahankan, tetapi perlu dicatat bahwa progress sampai di mana permainan Anda tidak akan ikut serta. Kecuali jika game atau aplikasi bersangkutan menggunakan dukungan Google Play Game, maka semua progress yang tersimpan akan Anda temukan di perangkat yang baru.