Cara Melacak dan Menemukan Lokasi Smartphone Xiaomi yang Hilang

Cara Melacak Lokasi Smartphone Xiaomi yang Hilang

Tutorial juga akan membahas cara menghapus semua data di smartphone yang hilang
Ilustrasi Fitur Find Device di Xiaomi
Ilustrasi Fitur Find Device di Xiaomi

Pepatah sedia payung sebelum hujan berlaku untuk banyak hal, bahkan untuk urusan menjaga smartphone dari berbagai resiko, misalnya lupa, jatuh atau dicuri orang. Untungnya, saat ini ada banyak aplikasi pihak ketiga yang menawarkan bantuan untuk mencegah atau jika hal buruk sudah terlanjur terjadi, membantu melacak keberadaan perangkat Anda.

Tapi bagi pemilik perangkat Xiaomi, Anda tidak perlu memasang aplikasi tambahan, karena Xiaomi sudah menyematkan fitur Find Device yang mempunyai kegunaan serupa; membantu Anda melacak lokasi smartphone jika hilang. Tutorial ini akan menunjukkan kepada Anda bagaimana caranya.

Persiapan

Sebelum bisa menggunakan fitur Find Device di Xiaomi, Anda wajib menyelesaikan langkah-langkah ini terlebih dahulu.

  • Mempunyai akun Mi, jika belum bikin dulu, tutorialnya bisa dibaca di sini.
  • Aktifkan fitur Find Device, caranya klik menu Settings – Mi Account – Mi Cloud

Cara Melacak Smartphone Xiaomi yang Hilang

Langkah-langkah Melacak Smartphone Xiaomi yang Hilang

Sekarang, baru kita masuk ke tutorial yang sebenarnya. Saya asumsikan, Anda sekarang sedang bingung karena kehilangan smartphone Xiaomi. Jangan panik, coba ikuti langkah-langkah berikut ini, barangkali masih ada harapan.

  • Buka laptop dan browser kesukaan Anda, lalu buka situs https://i.mi.com.
  • Selanjutnya, login menggunakan akun Mi Anda.

Cara Melacak Smartphone Xiaomi yang Hilang

  • Setelah berhasil login, klik menu Find device.

Cara Melacak Smartphone Xiaomi yang Hilang

  • Berikutnya, sistem akan menampilkan sebuah peta lengkap dengan nama perangkat yang terhubung ke akun Mi Anda. Jika lebih dari satu, klik perangkat Anda yang hilang.

Cara Melacak Smartphone Xiaomi yang Hilang

  • Nah, inilah lokasi terkini atau riwayat lokasi perangkat Anda. Di titik tersebut, Mi Cloud juga menampilkan kapan terakhir kali perangkat terlacak. Di bagian bawah peta ada empat tombol yang bisa Anda pergunakan untuk tindakan lebih lanjut, antara lain located (sudah dilakukan), noise, lost mode dan wipe device.

Cara Melacak Smartphone Xiaomi yang Hilang

Membunyikan Alarm

Anda dapat membunyikan alarm dari jarak jauh, dengan harapan perangkat tersebut masih berada di sekitar Anda, atau membuat siapapun yang mencurinya merasa panik.Klik menu Noise dan klik lagi Noise di halaman berikutnya.

Cara Melacak Smartphone Xiaomi yang Hilang

Alarm akan dibunyikan dengan volume maksimal, meskipun ponsel berada dalam mode silent. Kecuali, jika pencurinya berhasil membobol keamanan lock screen dan menghidupkan mode pesawat.

Menghapus Data Perangkat

Tindakan ini adalah langkah terakhir dengan asumsi lokasi perangkat sulit untuk dijangkau, atau laporan Anda tidak ditanggapi dengan cepat. Jika Anda juga merasa khawatir data dan informasi di dalam perangkat akan disalah-gunakan, Anda bisa menghapus seluruh data dengan menggunakan opsi Wipe device.

Cara Melacak Smartphone Xiaomi yang Hilang

Tapi proses ini mengakibatkan Anda juga akan kehilangan akses ke perangkat tersebut. Setidaknya, pencuri yang tak bertanggung jawab itu juga tidak bisa menyalahgunakan data-data penting Anda.

Kehilangan smartphone memang bukan pengalaman menyenangkan. Tapi ketika hal itu sudah terlanjur terjadi, dengan mengaktifkan fitur Find Device sebelumnya, Anda masih punya harapan untuk kembali menemukannya.

Silahkan dicoba, semoga tips ini bermanfaat.

Sumber gambar header MIUI.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…