Web

Cara Melindungi Tulisan Blog WordPress dengan Password

Konten hanya bisa diakses oleh pemegang password

Meskipun pada dasarnya blogger ingin agar konten tulisannya dibaca oleh sebanyak mungkin orang, tapi ada kalanya di situasi tertentu, pemilik blog menginginkan hanya orang-orang tertentu yang bisa menikmatinya.

Alasannya bisa karena merupakan konten premium, atau yang sifatnya pribadi yang hanya boleh dibaca oleh orang-orang atau kelompok tertentu.

Untuk melindungi konten blog WordPress dengan password, Anda tidak membutuhkan plugin tambahan, karena fitur aslinya tersedia di WordPress.

Cara Pertama

  • Cara pertama, silahkan klik menu Postuntuk melihat semua tulisan Anda, lalu arahkan ke tulisan yang hendak dilindungi dengan password dan klik quick edit.

  • Selanjutnya akan muncul kolom password, isi dan tentukan sendiri apa password untuk mengakses konten tersebut. Terakhir, setelah dirasa sudah pas klik Update.

  • Setelah tahapan di atas dituntaskan, maka selanjutnya siapapun yang membaca konten tersebut harus memasukkan password agar bisa membaca isinya. Tanpa password, mereka hanya akan mendapati halaman blank putih saja.

Cara Kedua

Jika tadi kita menggunakan fitur quick edit, di cara kedua ini kita akan memodifikasi tulisan dalam versi utuh.

  • Klik menu All Post di dashboard blog Anda, kemudian klik artikel yang ingin dilindungi dengan password.

  • Di jendela editor, perhatikan panel Publish di sebelah kanan.
  • Klik link edit di opsi Visibility, kemudian ubah pilihan ke Password protected (1), ketikkan password yang ingin digunakan (2), klik OK (3) dan terakhir klik Update (4).

  • Selesai, cara ini juga akan secara otomatis menutup akses untuk semua orang yang tidak memiliki password pembukanya.

Sumber gambar header Pixabay.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter