23 January 2018

by Bambang Winarso

[Panduan Pemula] Cara Mematikan Komputer Windows 10 dengan Cortana

Cortana juga bisa me-restart, mengunci dan log off dari komputer

Cortana adalah sebuah teknologi asisten virtual yang dirancang untuk membantu Anda melakukan tugas-tugas harian dengan cara merespon perintah suara. Menggunakan Cortana membebaskan Anda dari pekerjaan yang tidak perlu, seperti membuat catatan, melihat cuaca, membuat alarm, navigasi bahkan menjalankan aplikasi. Semua pekerjaan tersebut dapat dilakukan tanpa melibatkan gerakan tangan.

Kecanggihan Cortana tak hanya sebatas itu. Jika digali lebih dalam, Cortana mampu melakukan pekerjaan yang lebih kompleks, misalnya menemukan berkas yang Anda perlukan, mengirim email atau pesan singkat, memutar musik dan menemukan daftar putar sampai mematikan komputer.

Yap, setelah peluncuran Build 16251, Cortana mampu melakukan tugas yang berkaitan dengan operasional sistem, misalnya mengunci komputer, sign out, restart dan juga mematikan komputer.

Untuk tugas-tugas ini, Anda hanya perlu mengingat dan mengucapkannya dalam bahasa Inggris dengan benar dan jelas. Berikut adalah beberapa perintahnya:

  • Me-restart komputer : restart PC
  • Mematikan komputer : shutdown PC/turn off PC
  • Log off : sign out
  • Mengunci layar : lock PC/lock screen

Tetapi, apabila Cortana Anda belum pernah dipakai sebelumnya, Anda perlu memastikan pengaturannya sudah dalam posisi yang benar.

Yang pertama, pastikan Anda sudah mengaktifkan fitur “Hey, Cortana” sebagai pemicunya. Jika tidak, Cortana tidak akan merespon perintah Anda.

Pertama, klik kolom Cortana tepat di sebelah tombol Start Menu, kemudian klik tombol gear dan aktifkan opsi Let Cortana respond to, Hey Cortana.

Kedua, pastikan pula Cortana tetap merespon Anda meskipun komputer dalam kondisi terkunci. Caranya, ulangi cara pertama kemudian klik tombol gear dan aktifkan opsi Use Cortana even when my device is locked.

Selesai, sekarang coba perintahkan Cortana untuk mematikan komputer Anda.

Perlu juga Anda ketahui, bahwa Cortana juga punya kemampuan berhitung yang baik. Hanya saja, untuk memanfaatkan kepintarannya, Anda juga harus fasih dalam memberikan perintah. Silahkan coba, salah satu dari perintah di bawah ini dan Anda akan dibuat kagum olehnya.