Sebelum ini, saya sudah beberapa kali membahas topik serupa menggunakan cara yang berbeda-beda, seperti di artikel ini dan ini. Tapi, saya yakin tidak semua orang cocok dengan dua cara tersebut, sehingga saya ingin sekali lagi membahas topik serupa tapi kali ini menggunakan aplikasi yang berbeda.

Adapun aplikasi yang saya pilih adalah DataEye buatan LotusFlare Inc yang cukup populer di Play Store. Alasan saya memilih DataEye, karena aplikasi ini menawarkan fitur yang cukup baik, lengkap dan mudah digunakan. Berdasarkan pengalaman menggunakan DataEye selama dua minggu, kinerjanya untuk memblokir penggunaan data oleh aplikasi ataupun sistem sangat bisa diandalkan. Di tutorial ini, saya ingin membagikan cara pakai DataEye untuk Anda yang juga ingin menghemat kuota internet Anda.

  • Unduh dan install dulu aplikasinya dari Play Store, kemudian jalankan.
  • Tap Continue untuk menuju ke interface utama DataEye.

Cara Hemat Kuota Data Smartphone Android dengan Aplikasi DataEye

 

  • Seperti inilah tampilan terdepan DataEye.
  • Untuk mengaktifkan fungsi utamanya, pertama kali ubah posisi tombol ke ON.

Cara Hemat Kuota Smartphone Android dengan Aplikasi DataEye

 

  • Sebelum bisa bekerja, DataEye membutuhkan izin akses ke Apps with Usage Access, ikuti prosedurnya dan ubah posisi DataEye ke posisi On.

Cara Hemat Kuota Data dan Baterai Smartphone Android dengan Aplikasi DataEye

 

  • Satu tahapan lain yang dibutuhkan akses VPN, dan biasanya DataEye akan meminta Anda untuk menuntaskan langkah ini terlebih dahulu. Tak perlu bingung, semua diakses dari aplikasi DataEye dan semestinya Anda tak akan menemukan banyak kesulitan.
  • Setelah semua prosedur awal tuntas, sekarang tap menu Control dan di sana akan tersaji daftar aplikasi unduhan dan bawaan. Aplikasi yang boleh menggunakan data internet ditandai dengan tombol berwarna hijau, sedangkan yang dicekal berwarna abu-abu.
  • Anda dapat membuka dan memblokir aplikasi sesuka hati, dan pastikan Anda hanya mencekal aplikasi yang jarang sekali digunakan.

Cara Hemat Data internet dan Baterai Smartphone Android dengan Aplikasi DataEye

  • Di menu utama, Anda dapat mengatur beberapa hal tambahan misalnya auto start dan juga aksi cepat mencekal atau membuka blokir semua aplikasi.

Cara Hemat Internet Data dan Baterai Smartphone Android dengan Aplikasi DataEye

Tapi, ada beberapa hal yang juga perlu Anda ketahui tentang aplikasi DataEye ini.

  • DataEye tidak bisa bekerja dengan normal apabila Anda mengaktifkan fitur hotspot atau tethering.
  • DataEye akan memblokir notifikasi dari aplikasi yang dicekal, jadi pastikan Anda tidak memblokir aplikasi-aplikasi pesan instan misalnya WhatsApp, BBM, Email, atau WeChat.
  • Jangan pula memblokir aplikasi Google Play dan Google Play Game, karena akan membuat game dan aplikasi gagal diunduh, diupdate dan berjalan secara normal.
  • Perhatikan juga, jika suatu hari Anda gagal mengunduh sesuatu dari browser, periksa kembali, jangan-jangan Anda juga memblokir fungsi unduhan default smartphone. Kalau ternyata Anda kebingungan, coba saja non-aktifkan dulu Dataeye dan ulangi kembali.
Application Information Will Show Up Here

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.