Simak Cara Membedakan Samsung Galaxy S5 Asli dan Replika ini Agar Tidak Tertipu

Samsung Galaxy S5 memang menawan, canggih, cantik dan handal. Tapi, harganya juga wah. Di poin terakhir inilah banyak pembeli smartphone Samsung yang terjebak. Mengejar penawaran harga murah, eh justru dapat Galaxy S5 replika atau disebut juga dengan supercopy alias palsu.

Jika Anda berencana membeli smartphone Galaxy S5, tidak mau kan mengalami nasib serupa dengan sejumlah pembeli naas yang sudah tertipu? Nah, selain soal harga masih ada beberapa cara untuk membedakan Samsung Galaxy S5 yang asli dan replika.

Fitur

Cara pertama yang dapat Anda lakukan untuk membedakan Galaxy S5 asli dan replika adalah dengan mengamati fitur-fitur yang dimiliki oleh ponsel tersebut. Samsung Galaxy S5 yang asli mempunyai sensor sidik jari yang terletak di tombol Home.

Kemudian ponsel yang asli juga mempunyai fitur detak jantung yang diletakkan di bawah lampu LED kamera bagian belakang. Di Samsung Galaxy S5 replika, kedua fitur ini tidak tersedia untuk memangkas biaya produksi.

Info Menarik:Harga Aplikasi di Windows Store Akan Naik Mulai April 2015

Sambungan Port MicroUSB

Cara kedua dengan memeriksa dukungan sambungan port dan koneksi data di perangkat Galaxy S5. Smartphone yang asli sudah menggunakan port microUSB 3.0, sedangkan versi replika masih menggunakan versi 2.0.

Koneksi Data

Dari dukungan koneksi data atau internet perangkat, Anda juga dapat menilai keasliannya. Samsung Galaxy S5 yang asli sudah mendukung teknologi koneksi data 4G LTE, sedangkan ponsel replikanya masih 3G atau bahkan 2G.

Prosesor

Membedakan Samsung Galaxy S5 asli dan replika juga dapat Anda lakukan dengan memeriksa kembali hardware yang digunakan, khususnya chipset prosesor perangkat. Coba instal AnTuTu benchmark dari Play Store kemudian lakukan pemeriksaan dari sana.

Samsung Galaxy S5 asli sudah menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 801, sementara yang replika biasanya menggunakan MediaTek.

Info Menarik:Dengan Konektivitas Luas, Wearable Computer Hiris Bisa Beradaptasi Sesuai Kebutuhan

Kamera

Terakhir, periksa kamera perangkat. Coba pergunakan kemudian cari fitur real-time HDR atau Selective Focus. Jika tidak tersedia, maka perangkat tersebut hampir dapat dipastikan ponsel replika.

Dengan lima cara di atas Anda sudah pasti dapat membedakan Samsung Galaxy S5 yang orisinil dan yang replika. Bahkan cukup dengan 2 kriteria saja Anda sudah dapat membuat kesimpulan sendiri tanpa harus meminta konfirmasi penjual.

Gambar 1, 2, 3 dan header Samsung Galaxy S5.