DScovery

Cara Membeli Saham Online Untuk Mulai Investasi

Salah satu investasi yang menguntungkan adalah saham. Namun, cara membeli saham harus dilakukan secara tepat dan cermat.

Saham adalah salah satu investasi yang cukup populer di tengah masyarakat. Mungkin kamu juga salah satu yang ingin berinvestasi di saham, tetapi masih bingung cara membeli saham yang tepat itu seperti apa.

Tentunya cara membeli saham ini bisa dilakukan siapapun, dengan syarat utama sudah memiliki kartu identitas. Ternyata cara membeli saham ini juga bisa dilakukan secara online.

Yuk, cari tahu cara membeli saham yang tepat agar kamu bisa mulai berinvestasi jangka panjang!

Cara Membeli Saham Online di Bursa Efek Indonesia

Dikutip dari Bursa Efek Indonesia, sebelum membeli saham kamu perlu menyiapkan dokumen pribadi untuk membuat rekening efek.

  1. KTP atau paspor
  2. NPWP (jika ada)
  3. Halaman depan buku tabungan
  4. Materai Rp6.000 minimal 2 buah.

Setelah itu kamu bisa masuk ke tata cara membeli saham di Bursa Efek Indonesia, pembelian saham ini bisa dilakukan secara online atau langsung ke perusahaan sekuritas yang ada di kota kamu.

Untuk kamu yang ingin melakukan pembelian saham secara online, berikut caranya:

1. Pilih Perusahaan Sekuritas

Setelah menyiapkan dokumen, cara membeli saham secara online adalah kamu harus memilih perusahaan sekuritas yaitu sebuah perusahaan yang akan menjadi perantara perdagangan atau yang disebut sebagai broker. 

Kamu juga tidak perlu khawatir, perusahaan sekuritas yang terdaftar di BEI diawasi dan sudah mendapat izin OJK.

2. Membuka Rekening Efek

Cara membeli saham selanjutnya adalah kamu akan mengisi formulir untuk membuka rekening efek yang nantinya akan berisi rekening transaksi jual beli efek yang dibayar atau diterima secara tunai pada waktu jatuh tempo.

3. Mengisi Rekening Dana Investor

Selain rekening efek, kamu juga akan mengisi rekening dana investor yaitu rekening di bank atas nama kamu sebagai investor yang terpisah dari rekening sekuritas dan biasanya digunakan untuk jual beli saham oleh investor.

4. Melakukan Transaksi

Cara membeli saham yang terakhir adalah melakukan transaksi setelah semua syarat dan pendaftaran kamu isi. Namun, perlu diingat perusahaan sekuritas memiliki biaya tambahan dalam melakukan jual beli saham. Biaya tambahan atau biaya transaksi di setiap perusahaan sekuritas tentu akan berbeda–beda. Umumnya berkisar 0,2-0,3% dari nilai beli saham ditambah PPh 0,1% khusus transaksi jual saham. Biaya tersebut sudah termasuk PPN. Sehingga, kamu bisa memilih perusahaan sekuritas yang memiliki biaya rendah.

Dalam investasi saham, satuan pembelian saham disebut dengan Lot, dan 1 Lot adalah 100 lembar.

Selain membeli saham secara online, kamu juga bisa melakukan pembelian secara langsung dengan mengunjungi kantor perusahaan sekuritas atau ke instansi perbankan. Tata cara membeli saham secara langsung juga akan sama seperti membeli saham online.

Namun, kamu bisa mengunjungi laman resmi perusahan sekuritas tersebut untuk info lebih lanjut terkait cara membeli saham secara langsung.

Beberapa Hal yang Harus diperhatikan Saat Membeli Saham

Setelah mengetahui cara membeli saham, kamu juga bisa mengetahui tentang apa saja yang perlu diperhatikan saat membeli saham.

1. Menentukan Jenis Saham

Sebelum membeli saham, kamu perlu menentukan jenis saham apa yang akan kamu beli. Ada 9 jenis saham yang ada populer. Untuk kamu yang baru belajar investasi bisa membeli saham tipe blue chip, karena saham ini dikeluarkan oleh perusahaan yang memiliki penghasilan stabil dan sering diburu investor.

2. Tentukan Modal Saham

Saham adalah salah satu investasi yang menggunakan modal tentunya. Nah, kamu bisa menentukan berapa banyak modal yang akan diinvestasikan ke saham, terutama bagi kamu ingin melakukan investasi jangka panjang. Modal saham lebih baik dari uang yang bukan untuk keperluan sehari-hari.

3. Selalu Update Dengan Perusahaan Penyedia Saham

Langkah terakhir yang harus diperhatikan saat membeli saham adalah kamu harus mengetahui informasi berkala perusahaan penyedia saham, karena apabila keuangan perusahaan tersebut tidak stabil, portofolio saham juga akan menjadi rendah. 

Kamu juga perlu update dengan banyak perusahaan penyedia saham karena semakin banyak jenis saham yang kamu miliki, kesempatan untung juga semakin besar.

Nah, itu tadi cara membeli saham secara online. Sekarang kamu bisa langsung berinvestasi di saham dengan tepat.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter