1. Entrepreneur

Cara Memblokir Panggilan dan SMS di Samsung Galaxy A30

Makin aman dari spammer dan scammer

Meskipun pemerintah sudah memberlakukan sistem baru guna menghadirkan rasa aman kepada pengguna ponsel, tetap saja banyak praktik-praktik nakal yang mengganggu entah lewat telepon atau pesan singkat, SMS.

Tapi jika Anda pengguna smartphone, sekarang sebagian besar model terbaru sudah dilengkapi pemblokir panggilan dan SMS secara native, artinya teman-teman tidak perlu memasang aplikasi dari pengembang pihak ketiga. Salah satunya ada di Samsung Galaxy A30, smartphone kelas menengah baru dari Samsung.

Memblokir Panggilan Telepon

  • Buka aplikasi panggilan, kemudian tap tiga titik di sisi kanan atas lalu tap Settings.

  • Lanjut, sekarang tap opsi Block numbers.

  • Di panel Block numbers, Anda punya beberapa opsi untuk memblokir panggilan telepon. Yang pertama, bisa mengambil nomor dari panggilan yang baru saja dilakukan (recent) atau dari kontak (contacts). Kita coba dulu dari menu Recents.

  • Maka kemudian akan muncul nomor-nomor dan nama yang baru saja berhubungan dengan Anda, tinggal sentuh salah satu nanti kontak tersebut akan lagnsung diletakkan di sisi atas. Untuk membuka blokir cukup sentuh ikon minus merah.

  • Sekarang kembali ke Block Numbers, kita coba memblokir nomor dari daftar kontak.
  • Sama, sentuh kontak yang ingin diblokir dan seketika kontak tersebut akan langsung disisihkan di bagian atas seperti di prosedur sebelumnya.

  • Jika sudah, tap Done.
  • Nah, selain dari Recents dan Contacts, Anda juga bisa menambahkan nomor ponsel secara manual. Tinggal ketikkan nomornya dan tap ikon plus di sebelah kanan, maka nomor ponsel akan secara otomatis masuk ke daftar hitam.

  • Selain dari menu di atas, Anda juga bisa memblokir kontak dengan prosedur lain, yaitu dengan langsung membuka daftar kontak, kemudian tap tombol menu tiga titik di kanan atas dan tap Block contact.

  • Atau, Anda juga bisa memblokir panggilan dari panel daftar panggilan baru, tak terjawab atau keluar. Cukup tap salah satu nomor dan tap tombol Block.

Memblokir Pesan Singkat SMS

Sekarang kita coba memblokir SMS dari nomor tertentu, caranya jauh lebih mudah.

  • Jalankan aplikasi SMS standar, kemudian buka salah satu pesan spam yang masuk ke smartphone Anda. Perhatikan di sisi kanan atas, ada tombol Block number. Nah, tap saja tombol itu maka nomor akan langsung dipindahkan ke daftar hitam. Artinya, ke depan nomor ini tidak akan bisa mengirimkan pesan singkat ke ponsel Anda.

  • Atau, masih di pesan yang sama. Tap menu tiga titik di kanan atas, kemudian temukan opsi Block number. Tujuannya sama, Anda juga akan memblokir SMS dari nomor tersebut.

Nah, itu dia tips memblokir panggilan telepon dan SMS di Samsung Galaxy A30, semoga mempermudah pembelajaran Anda yang baru saja mempunyai perangkat ini.

Sumber gambar header Yahoo.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again