EntrepreneurMSME Tutorial

Cara Membuat Absensi Karyawan dengan Mudah di Bukugaji

Cara membuat absensi karyawan secara mudah di aplikasi Bukugaji.

Absensi adalah salah satu fitur yang ada pada aplikasi Bukugaji untuk membantu Anda sebagai pemilik usaha mengelola karyawan. Cara membuat dan mencatat absensi karyawan di aplikasi Bukugaji sangat mudah. Bahkan, sekarang Bukugaji juga memiliki fitur baru yang memungkinkan karyawan untuk melakukan absensi secara mandiri di tiap kehadiran.

Cara Membuat Absensi Karyawan

Sebelum menggunakan aplikasi Bukugaji untuk pencatatan absensi karyawan, Anda perlu membuat daftar karyawan terlebih dahulu. Untuk menambahkan karyawan di aplikasi Bukugaji, Anda dapat melihat tutorial selengkapnya di sini.

Ketika membuat daftar karyawan, selain nama, Anda juga harus mengisi informasi terkait gaji karyawan, jam kerja per harinya dan jadwal kerja tiap minggunya. Mengapa? Karena selain untuk keperluan absensi, daftar karyawan yang Anda tambahkan juga akan digunakan untuk perhitungan dan pembayaran gaji.

Selain itu, informasi mengenai gaji yang Anda masukkan saat menambah daftar karyawan juga berguna untuk karyawan harian. Sehingga, ketika karyawan harian melakukan absensi per harinya, perhitungan gaji akan berubah secara otomatis.

Cara Mencatat Absensi Karyawan

Setelah berhasil menambahkan karyawan, Anda bisa mulai mencatat absensi karyawan di aplikasi Bukugaji. Pencatatan absen dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu pencatatan absen oleh Anda atau pengisian absen mandiri oleh karyawan melalui aplikasi Bukugaji Karyawan.

Mencatat Absensi Karyawan di Aplikasi BukuGaji

Ketika mencatat absen karyawan di aplikasi BukuGaji, terdapat beberapa opsi absensi yang dapat Anda pilih, yakni absent (tidak hadir), present (hadir), dan half-day (setengah hari). Selain itu, Anda juga bisa menambahkan keterangan apakah pada hari itu karyawan lembur, telat datang, atau libur berbayar.

Simak selengkapnya cara mencatat absensi karyawan di aplikasi Bukugaji di bawah ini.

Cara mencatat absensi karyawan yang hadir:

  • Buka aplikasi Bukugaji.
  • Masuk ke menu Attendance.

 

 

  • Klik tombol Present atau Hadir pada nama karyawan yang hadir pada hari itu.

 

 

Cara mencatat absensi karyawan yang tidak hadir:

  • Buka aplikasi Bukugaji.
  • Masuk ke menu Attendance.

 

 

  • Klik tombol Absent atau Tidak Hadir di samping nama karyawan yang tidak hadir pada hari itu.

 

 

Cara mencatat absensi karyawan setengah hari:

  • Buka aplikasi Bukugaji.
  • Masuk ke menu Attendance.
  • Klik pada nama karyawan yang masuk setengah hari.
  • Lalu, klik tombol Half-day atau Setengah Hari.

 

 

  • Isi catatan jika ada.
  • Kemudian, klik Update Attendance untuk menyimpan absensi.

Cara mencatat absensi karyawan yang lembur atau telat:

  • Masuk ke menu Attendance di aplikasi Bukugaji
  • Klik nama karyawan yang ingin Anda tandai lembur atau datang telat.
  • Selanjutnya, klik tombol Present atau Hadir.

 

 

  • Kemudian, Anda akan melihat dua tombol opsi yang muncul.
  • Klik Overtime untuk menandai karyawan tersebut lembur dan akan diberikan bonus atau klik Late Fine untuk memberikan denda atas keterlambatan.
  • Setelah itu, masukkan nominal bonus lembur atau denda keterlambatan yang sesuai dengan ketentuan perusahaan.

 

 

  • Jika sudah, klik Add Transaction untuk menyimpan catatan.

Cara mencatat libur berbayar karyawan:

  • Masuk ke menu Attendance di aplikasi Bukugaji.
  • Klik nama karyawan yang tidak hadir namun tidak dikenakan pemotongan gaji.
  • Setelah itu, klik tombol Absent dan centang pada kotak Paid Holiday.

 

 

  • Isi catatan jika diperlukan.

 

 

  • Lalu, klik Update Attendance untuk menyimpan catatan absensi.

Video Tutorial Cara Mengatur Lembur dan Denda Keterlambatan Karyawan

https://www.youtube.com/watch?v=4o1Tp8ug8Pk

Mencatat Absensi secara Mandiri oleh Karyawan

Untuk melakukan pencatatan absensi mandiri oleh karyawan, Anda harus meminta karyawan untuk mengunduh aplikasi Bukugaji Karyawan di PlayStore atau mengirim invitationlink untuk mengunduh aplikasi ini kepada karyawan. Ini caranya:

  • Buka aplikasi Bukugaji.
  • Pada bagian My Employees di halaman Beranda aplikasi, klik View All.

 

 

  • Kemudian, klik Invite pada nama karyawan yang ingin Anda kirimkan invitation link.

 

 

  • Pilih salah satu metode pengiriman invitation link. Anda bisa mengirimnya melalui SMS, WhatsApp, atau pilih CopyLink untuk mengirimnya melalui platfom lainnya.

 

 

  • Tampilan invitation link-nya akan seperti ini.

 

 

Itu dia cara membuat absensi karyawan yang mudah melalui aplikasi Bukugaji. Pencatatan absensi karyawan kini semakin mudah dengan bantuan perangkat-perangkat digital seperti Bukugaji. Untuk tahu lebih lengkap mengenai aplikasi ini, Anda dapat melihatnya di sini. Selamat mencoba!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again