Digital Marketing

Cara Membuat Affiliate Link di Involve Asia dengan Mudah

Salah satu cara kerja seorang affiliate atau publisher dalam affiliate marketing adalah dengan mempromosikan sebuah produk melalui tautan atau yang disebut dengan affiliate link.

Kali ini, Anda akan diajarkan bagaimana cara membuat affiliate link di salah satu social selling platform yang cukup terkenal yaitu Involve Asia.

Involve Asia sendiri adalah salah satu dari sekian banyak social selling platform yang ada di Indonesia dan berpusat di Kuala Lumpur Malaysia.

Sedangkan social selling platform adalah tempat yang menghubungkan antara advertiser dalam hal ini para pemilik brand dan publisher dalam hal ini Anda sebagai affiliate marketer.

Melalui artikel ini, Anda akan mempelajari cara membuat affiliate link melalui Involve Asia untuk mendapatkan penghasilan pertama sebagai affiliate marketing.

Langkah-Langkah Membuat Affiliate Link di Involve Asia

Langkah pertama untuk membuat affiliate link adalah membuat akun di Involve Asia melalui website https://involve.asia/ Setelah itu Anda buat akun dengan cara sign up as a publisher.

Untuk lebih jelas tentang cara membuat akun di Involve Asia, Anda bisa simak artikel berikut: Cara Daftar Involve Asia, Langkah Awal sebagai Affiliate Marketing

Setelah mendaftar, Anda belum bisa mengajukan atau melakukan promosi kepada advertiser. Sistem akan melakukan verifikasi data dan properti maksimal 2 hari.

Setelah akun berhasil diverifikasi oleh sistem, Anda bisa mengajukan promosi kepada advertiser dan mendapatkan affiliate link

Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk membuat affiliate link yaitu promosi langsung melalui dashboard  dan promosi melalui tools deeplink.

1. Promosi Langsung dari Dashboard

Cara pertama adalah promosi langsung. Cara ini dilakukan apabila advertiser mempersilahkan Anda untuk membuat affiliate marketing tanpa harus melakukan pengajuan terlebih dahulu.

Pertama, masuk ke area dashboard Involve Asia seperti gambar di bawah ini.

Pada bagian tengah dashboard, di situ Anda akan menemukan daftar advertiser yang membuka promosi. 

Ada dua jenis advertiser di sini. Ada advertiser yang membuka promosi langsung dan memiliki tombol “Promosikan” dan advertiser yang memerlukan persetujuan dan memiliki tombol “Apply”. 

Untuk promosi secara langsung. Anda bisa memilih advertiser yang memiliki tombol “Promosikan”. Para advertiser jenis ini memperbolehkan Anda promosi secara langsung tanpa harus menunggu konfirmasi. Berikut contoh gambarnya.

Dari contoh di atas, mari pilih iStyle (ID) dan klik tombol “Promosikan”. Namun sebelum ada memilih advertiser. Anda disarankan untuk melihat rincian campaign Mereka dengan klik “Lihat Rincian”.

Hal ini dilakukan untuk menyesuaikan identitas brand Anda sebagai affiliator dengan campaign yang para advertiser ini lakukan.

Pada kasus iStyle (ID), ada beberapa detail campaign yang perlu Anda perhatikan. Misalnya pada tipe komisi. iStyle (ID) menerapkan tipe Cost per Sale atau CPS.

Itu berarti komisi yang akan Anda diterima ada setelah terdapat konversi melalui affiliate link yang Anda bagikan. Jika tidak ada, maka komisi tidak akan diterima.

Tiap advertiser memiliki campaign yang berbeda-beda. Sehingga Anda harus memperhatikan detail campaign dari setiap advertiser.

Contoh dari tipe komisi, ada yang memiliki tipe Cost per Action (CPA), Cost per Unique Click (CPUC), dan Cost per Click (CPC).

Baca juga: Mengenal Istilah CPC, CPS, dan CPA

Jika yakin dengan campaign yang diberikan, Anda bisa langsung memilih advertiser tersebut. Selanjutnya, akan muncul kotak dialog seperti di bawah ini.

Pada kotak dialog, Anda diperintahkan untuk mengisi URL atau link produk yang ada pada platform iStyle. Caranya Anda bisa mengunjungi website iStyle dan cari produk yang Anda ingin promosikan.

Pada contoh kali ini, misalnya Anda pilih produk album photobook BTS. Maka Anda bisa meng-copy tautan pada produk yang ada di browser Anda. Berikut contohnya dan perhatikan kotak merah pada gambar.

Kotak merah itu lah yang nantinya Anda copy linknya ke dalam kotak dialog promosi sebelumnya.

Setelah Anda mem-paste link ke dalam kolom URL pada kotak dialog sebelumnya. Kemudian klik “Menghasilkan”.

Secara otomatis, sistem akan membuatkan affiliate link yang bisa langsung Anda gunakan untuk promosi melalui property milik Anda.

Bagaimana jika memilih promosi yang perlu persetujuan?

Untuk memilih promosi yang perlu persetujuan, Anda bisa langsung klik tombol “Apply” pada advertiser. Setelah itu, Anda bisa menunggu 1 hingga 3 hari kerja untuk mendapatkan konfirmasi yang akan dikirimkan melalui email.

Bagaimana jika memilih promosi yang memiliki produk tertentu?

Pada gambar di atas, Anda menemukan promosi khusus yaitu promo produk P&G melalui Lazada (ID).

Itu berarti Anda tidak bisa sembarang pilih produk untuk dipromosikan dan hanya berlaku pada produk yang tertera pada rincian campaign dari advertiser tersebut.

Untuk membuat affiliate link seperti ini, sebenarnya memiliki cara yang sama. Klik “Promosikan” kemudian akan muncul kotak dialog seperti pada gambar sebelumnya. (Lihat contoh gambar iStyle).

Secara otomatis, kolom URL akan terisi dengan affiliate link dari campaign yang diberikan oleh advertiser.

2. Promosi Melalui Tools Deeplink

Sebenarnya tidak ada perbedaan yang signifikan antara membuat affiliate link melalui dashboard maupun dari tools deeplink.

Perbedaan kedua cara promosi ini adalah Anda bisa melihat riwayat link dan menggunakan Sub ID.

Untuk mengakses tools deeplink. apabila Anda membuat promosi melalui dashboard dan masuk ke kotak dialog, maka pilihan yang harus Anda tekan adalah “Lanjutan”. Perhatikan kotak merah pada gambar.

Anda juga bisa mengklik pada toolbar bagian atas yang ada di halaman dashboard. Perhatikan kotak merah pada gambar di bawah ini.

Setelah itu akan muncul page tools deeplink seperti pada gambar di bawah ini.

Sama halnya pada promosi langsung dari dashboard, pada kolom masukkan URL, Anda tinggal paste link produk yang ingin dipromosikan.

Secara otomatis, kolom Advertiser membaca link tersebut dan mengisi nama advertiser-nya.

Pada tools deeplink ini, Anda akan menemukan satu kolom baru yaitu Referensi Sub ID. Kolom ini sebenarnya tidak wajib Anda isi.

Meski begitu, Involve Asia menganjurkan Anda mengisinya apalagi jika Anda membagikan affiliate link ke berbagai platform atau multi properti.

Sub ID ini memudahkan Anda untuk mengidentifikasi properti mana yang paling efektif digunakan sebagai media affiliate marketing.

Caranya mudah, Anda tinggal mengisi kolom tersebut dengan jenis media yang digunakan. Dalam contoh ini, Anda bisa memasukkan Sub ID sebagai berikut.

  • Facebook Post - BTS Photobook
  • Instagram Post - BTS Photobook
  • Article - BTS Photobook

Jika sudah terisi dengan benar, maka klik “Buat Deeplink” yang kemudian akan muncul affiliate link di sebelah kanan page tersebut.

Pada bagian bawah page ini, Anda juga bisa melihat riwayat affiliate link yang sudah Anda buat.

Nah, itulah tips singkat cara membuat affiliate link di Involve Asia. Saatnya Anda menjadi affiliator atau affiliate marketing ulung dan dapatkan penghasilan pasif dari aktivitas tersebut.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter