1. Entrepreneur

Apa Itu Medium dan Cara Membuat Akun Medium Untuk Pemula

Mengenal apa itu Medium dan memahami cara membuat akun Medium untuk blogger pemula.

Cara membuat akun Medium adalah topik utama pada artikel ini, yang mana informasi ini akan sangat berguna bagi Anda yang berencana menggunakan Medium untuk mengunggah tulisan dalam bentuk blog atau artikel.

Blog sendiri merupakan salah satu konten berbentuk tulisan. Aktivitas blogging sebenarnya telah dikenal sejak lama. Namun kini semakin banyak platform yang memfasilitasi aktivitas tersebut, salah satunya adalah Medium.

Nah, sebelum masuk ke topik utama, yaitu cara membuat akun Medium, mari simak terlebih dahulu informasi di bawah ini yang membahas apa itu Medium. Penasaran, kan? Let’s check it out!

Apa Itu Medium?

Medium adalah platform yang mewadahi konten dalam bentuk tulisan yang biasanya berbentuk artikel maupun blog. Medium dirilis pada 15 Agustus 2012 oleh Evan Williams, Co-Founder Twitter, yang ingin menciptakan platform yang bisa menerbitkan tulisan dengan jumlah karakter yang lebih banyak dari Twitter.

Dengan hadirnya Medium, blogger tidak perlu lagi membuat situs blog sendiri seperti pada platform Blogger.com dan Wordpress. Anda sebagai blogger hanya perlu membuat akun Medium melalui situs web Medium atau aplikasi Medium yang dapat diunduh pada Play Store atau App Store.

Cara Membuat Akun Medium

Membuat akun Medium adalah langkah pertama yang perlu Anda lakukan sebelum mulai membuat konten di Medium. Cara daftarnya cukup mudah. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Buka situs Medium (Anda juga bisa membuat akun melalui aplikasi Medium).
  • Kemudian, klik tombol Get Started di pojok kanan atas laman utama Medium.

  • Setelah itu, Anda akan melihat tiga metode pendaftaran akun Medium, yaitu dengan akun Google, Facebook, dan Email. Kali ini, tutorial ini akan memberikan Anda gambaran mengenai cara membuat akun Medium dengan email. Klik Sign Up with Email.

  • Selanjutnya, masukkan email yang ingin didaftarkan dan klik Continue.

  • Lalu, Anda akan diminta untuk membuka link yang dikirimkan ke email terdaftar untuk menyelesaikan set up akun.

  • Klik Create Your Account pada pesan yang masuk ke email terdaftar dari Medium.

  • Kemudian, Anda akan dialihkan ke halaman form pendaftaran di mana Anda akan diminta memasukkan nama akun Medium Anda. Lalu, klik Create Account.

  • Setelah itu, pilih beberapa topik yang Anda sukai. Klik Continue.

  • Selesai. Akun Medium Anda telah berhasil dibuat dan Medium secara otomatis akan merekomendasikan bacaan dengan topik sesuai minat Anda.

Setelah mengikuti cara membuat akun Medium di atas, Anda dapat mulai membaca berbagai tulisan dan menulis blog atau artikel Anda di Medium. Selain itu, Anda juga dapat membuat Medium sebagai website portofolio karya tulis Anda. Menarik, bukan?

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again