21 October 2014

by Bambang Winarso

[Panduan Pemula] Cara Membuat Akun YouTube

YouTube adalah tempatnya mencari ilmu dan juga hiburan, ada ratusan video bertemakan pendidikan dan juga musik yang disediakan secara gratis. Atau sebaliknya, berbagi ilmu dan hiburan dengan mengunggah video ke sana.

Tapi untuk dapat menikmati segala fasilitas yang diberikan oleh YouTube, Anda wajib mempunyai akun. Berikut ini adalah cara membuat akun YouTube yang dapat Anda pelajari dan ikuti.

  • Jalankan peramban atau buka tab baru kemudian buka webYoutube.com atau klik di tautan ini. Perhatikan di sudut kanan atas halaman YouTube, ada dua tombol yaitu Upload dan Sign in. Klik opsi Sign in untuk masuk ke dalam akun atau membuat akun baru dalam kasus ini.

  • Selanjutnya Anda akan dibawa ke halaman seperti ini, dari sini kita sudah memulai proses pembuatan akun YouTube. Klik menu Create an account (perhatikan tanda panah di gambar berikut ini).

 

Info Menarik: Smartwatch dari Microsoft Akan Segera Hadir?

 

 

  • Kemudian di halaman berikutnya, isi form yang kosong dengan nama depan, nama belakang, kata sandi dan pastikan Anda menyertakan kode acak yang diminta di dalam gambar. Setelah selesai klik tombol Next step.

  • Sampai di sini, akun Anda sudah jadi. Sempurnakan dengan mengikuti langkah berikutnya, klik salah satunya boleh No thanks atau Create your profile. Jika Anda ingin langsung menggunakan fasilitas YouTube tanpa ribet, maka rekomendasi saya klik No thanks. Tetapi jika Anda ingin melengkapi akun dengan foto dan juga profil Google+ maka pilih menu Create your profile dan ikuti langkah selanjutnya.

 

 

Info Menarik: 5 Games Pilihan iOS Minggu Ini

 

 

  • Untuk kasus ini saya memilih No thanks, kemudian klik Back to YouTube untuk langsung menggunakan fitur-fitur yang ditawarkan.

Itu dia cara membuat akun YouTube. Tapi bagaimana jika saya memutuskan untuk membuat profil Google+, apakah akun YouTube saya hilang? Tidak, karena YouTube dan Google+ plus sama-sama kepunyaan Google, jadi Anda hanya cukup membuat satu akun untuk mengakses keduanya. Begitu pula layanan lainnya seperti Gmail, Chrome, Maps, Play Store, Google Drive dan semua berbagai layanan milik Google lainnya.

Gambar header: YouTube via Shutterstock.