1. Entrepreneur

Cara Membuat Auto Responder atau Mesin Penjawab Otomatis untuk WhatsApp

Karena pindah ke WhatsApp Business itu repot, maka ini bisa jadi solusi paling cepat

WhatsApp sudah memberikan solusi berupa tipe bisnis bagi Anda yang menggunakan WhatsApp sebagai media komunikasi usaha Anda. Tetapi, bagi yang kadung setia dengan WhatsApp personal dan tidak memungkinkan untuk berpindah, sementara di sisi lain membutuhkan fitur auto responder yang dipunyai versi bisnis, maka ini bisa menjadi solusi yang paling mudah.

Solusi yang saya maksudkan adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga, yaitu Autoresponder for WA yang bisa dijumpai di Play Store. Kendati dibuat oleh pengembang lain, aplikasi ini cukup populer dan sejauh ini terlihat aman untuk dipergunakan.

  • Setelah diinstall, jalankan aplikasi AutoResponder for WA.
  • Kemudian tap tombol plus (+) di panel utamanya.

  • Selanjutnya akan muncul panel yang disebut dengan panel Rule, di mana Anda bisa menentukan frase yang akan dijawab secara otomatis oleh mesin. Di tahap pertama, kita buat rule penjawab otomatis untuk semua pesan yang masuk. Jadi, apapun teks yang diterima oleh WhatsApp akan langsung dijawab oleh mesin.
  • Caranya tap tombol All.

  • Jika muncul notifikasi seperti ini, tap saja OK.

  • Setelah itu, pilih opsi Exact Match dan isi kolom Reply Message dengan kalimat yang ingin Anda kirimkan sebagai respon ke pengirim pesan atau pelanggan.

  • Opsi Receiver untuk sementara pilih saja Individuals walaupun Anda bisa juga mengaktifkannya untuk grup, tetapi jika Anda tergabung ke dalam banyak grup, fitur ini tidak direkomendasikan.
  • Specified contacts bisa diisi jika Anda menginginkan respon otomatis hanya dikirimkan ke kontak tertentu. Sementara Ignore Contacts bisa diisi untuk mengeluarkan kontak dari daftar sehingga ia tidak akan menerima respon otomatis dari mesin penjawab. Apabila sudah diisi semua (kecuali yang versi Pro), sekarang tap tanda centang di kanan bawah layar.

  • Rule telah ditambahkan, sekarang ulangi langkah pertama untuk membuat rule kedua.

  • Kalau tadi kita membuat rule untuk menjawab otomatis semua pesan yang masuk, apapun pesannya. Sekarang, kita akan membuat rule agar WhatsApp hanya menjawab pertanyaan atau pesan tertentu saja yang mempunyai kesamaan teks.
  • Misalnya, frase yang akan direspon dibuat Berapa Harga, kemudian dipilih opsi Similarity match. Maka, mesin penjawab otomatis hanya akan merespon pesan yang menggunakan kedua frase ini atau memiliki kesamaan. Sama, isi juga pesan respon yang ingin dikirimkan ke penanya.

  • Lalu tentukan kontak yang termasuk dalam list dan kontak yang tidak akan menerima respon otomatis. Terakhir tap tombol centang untuk menyimpan rule.

  • Maka, sekarang ada dua rule yang dipakai.

  • Sekarang mari kita coba. Dan inilah respon ketika saya mengirimkan pesan menggunakan kalimat acak, responnya sesuai dengan rule yang kita buat.

  • Dan ini respon jika menggunakan rule kedua.

Cukup simple dan ini bisa jadi solusi bagi pelaku bisnis yang masih menggunakan WhatsApp Personal. Hanya saja, dari percobaan sekilas, aplikasi ini ternyata akan bekerja di semua aplikasi WhatsApp yang terpasang termasuk yang dibuat menggunakan fitur kloning yang sekarang sudah tersedia di banyak merk smartphone.

Pengembang AutoResponder for WA sendiri sudah memberikan pilihan kepada pengguna untuk mengaplikasikan fungsi ke WhatsApp yang lebih spesifik, apakah hanya untuk aplikasi resmi, semua versi, WhatsApp Business atau GB WA.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again