16 September 2017

by Bambang Winarso

Cara Membuat Backup Otomatis di Xiaomi Redmi 4A

Anda tidak membutuhkan aplikasi tambahan untuk melakukannya di Redmi 4A

Fitur backup otomatis tidak akan Anda jumpai di semua smartphone Android, kecuali dengan bantuan aplikasi pihak ketiga. Sampai saat ini, saya hanya menemukan tersebut di perangkat Xiaomi, dan bahkan dapat diatur jenis berkas apa yang akan di-backup.

  • Langsung saja kita mulai tutorialnya, buka menu Settings - Additional Settingsatau Pengaturan - Pengaturan Tambahan.

  • Selanjutnya tap menu Backup & Reset.

  • Di panel berikutnya, silahkan tap Auto backups.

  • Aktikan opsi Back up automatically, lalu sesuaikan pengaturan lain seperti hari dan jam. Jika Anda hanya menginginkan data tertentu yang di-backup, silahkan tap backup item dan pilih jenis datanya.

Setelah diaktifkan, sistem akan secara otomatis bekerja sesuai pengaturan yang Anda buat.

Alternatif untuk membuat backup di Xiaomi Redmi 4A

Hampir sama seperti kebanyakan smartphone Android, Redmi 4A juga menyimpan berbagai data di penyimpanan cloud.  Opsi pertama melakukan sinkronisasi akun Google, sehingga data-data seperti data kontak, aplikasi, peta, profil dan lain sebagainya tersimpan di server. Dengan begitu, ketika Anda berpindah perangkat, Anda tinggal login dan sinkronisasi ulang untuk memperoleh datanya kembali tanpa harus repot memindahkan satu per satu.

Kedua, Redmi 4A juga mem-backup data kontak dan profil di Mi Account, kita sudah pernah bahas cara mendaftarkan akunnya di artikel ini. Jika Anda sudah mempunyai akun, maka data kontak bisa diperoleh meskipun berganti-ganti perangkat.

Sumber gambar header Wikigain.