[Panduan Pemula] Cara Membuat Blog Gratis di Tumblr

Tumblr merupakan salah satu opsi lain dimana Anda dapat membuat blog pribadi secara gratis sebagaimana Wordpress.com dan Blogger.com. Kelebihannya dibanding dua seterunya itu, ia lebih sederhana dan didandani layaknya platform jejaring sosial dimana Anda dapat mengikuti atau diikuti blog lain.

Sebagaimana judul, kali ini saya akan memberikan panduan membuat blog gratis di Tumblr.

  • Buka peramban favorit Anda kemudian tuju alamat URL http://tumblr.com. Di halaman depan Anda akan langsung disambut halaman pendaftaran, isikan email, kata sandi dan nama pengguna yang Anda inginkan kemudian klik tombol Sign up.

Info Menarik:Teknologi ini Mungkinkan Pengisian Baterai Gadget Via Bluetooth dan WiFi

  • Ikuti proses selanjutnya, isikan umur dan nanti jangan lupa isi kode anti spam yang ditampilkan di layar.

  • Ikuti 5 blog yang disarankan oleh sistem untuk melanjutkan ke tahap berikutnya.

  • Sesampainya di sini, buka layanan email yang Anda pergunakan untuk mendaftarkan akun kemudian lakukan konfirmasi. Melalui tautan konfirmasi tersebut Anda akan dihantarkan kembali ke panel dashboard. Dari sini, kita coba dulu untuk melakukan kustomisasi halaman blog. Caranya klik Customize.

  • Di panel ini ada sejumlah tool yang dapat Anda pergunakan untuk mengubah tampilan blog seperti pemilihan tema, mengubah judul, deskripsi, jenis huruf, warna latar dan gambar header. Silahkan dicoba-coba sebagai langkah pembelajaran.

  • Atau Anda dapat dari dashboard tadi mengarahkan kursor mouse ke logo di sebelah kiri kemudian klik Edit appearance.

Info Menarik:Bukan Cuma Menyimpan File, Neobase Adalah Jejaring Sosial Pribadi Anda

  • Dari sini berbagai kustomisasi juga dapat Anda lakukan.

  • Jika sudah selesai, coba pelajari beberapa metode memposting tulisan atau konten. Di panel dashboard ada berbagai pilihan konten, antara lain text, photo, quote, link, chat, audio dan video. Masing-masing tool memiliki tatap muka yang berbeda sesuai dengan fungsinya.

Selamat mencoba, semoga dapat bermanfaat bagi Anda.

Sumber gambar header Ingvar Bjork/Shutterstock.