5 February 2014

by Bambang Winarso

Cara Membuat Bookmark Sementara di Firefox

Fitur bookmark bawaan peramban Firefox menawarkan fungsi sebagai tempat menyimpan daftar web favorit secara permanen, hanya saja dengan bookmark ini daftar web menjadi kurang nyaman untuk diakses ketika sudah terlalu banyak alamat web yang tersimpan di dalamnya. Nah, untuk mengatasinya, Ada bisa gunakan bantuan dari sebuah addon bernama Temporary Bookmarks.

Addon ini menawarkan fungsi layaknya bookmark bawaan Firefox, bedanya addon ini secara berkala akan menghapus daftar alamat web yang di-bookmark secara otomatis. Seperti apa cara penggunannya? Yuk sama-sama kita coba.

  • Pertama-tama unduh dan instal dahulu addon Temporary Bookmarks di peramban Firefox Anda. Klik tautan ini untuk menuju ke Addon Store kemudian klik tombol Add to Firefox.

 

Info Menarik: Nabu SmartBand, Smartwatch Canggih a la Nike+ FuelBand Rancangan Razer

 

  • Tunggu proses unduh berlangsung, kemudian setelah selesai akan muncul jendela seperti gambar berikut ini, untuk melanjutkan klik tombol Install Now.

  • Sesaat kemudian akan muncul pemberitahuan di sudut kiri atas Anda dan addon sudah bisa digunakan.

  • Untuk menggunakan addon cukup mudah, silahkan buka salah satu web favorit Anda. Kemudian klik kanan pada sebuah link yang menurut Anda bagus lalu klik Add to Temporary Bookmarks.

Info Menarik: [Panduan Pemula] Cara Mengetahui Smartphone Android Sudah Root Atau Belum

  • Untuk melihat hasil bookmark, silahkan klik menu Bookmarkdi toolbar Firefox dan temukan folder Temporary Bookmarks.

  • Secara default, addon akan menghapus semua daftar alamat web yang Anda masukkan ke dalam folder tersebut dalam jenjang waktu tertentu. Tetapi jika Anda ingin waktu yang lebih lama atau ingin agar alamat web disimpan di folder yang berbeda dari Temporary Bookmarks, seperti ini caranya: Klik Tools - Add-ons kemudian klik menu tab Extension dan klik tombol Options pada item Temporary Bookmarks 1.2.

  • Di jendela berikutnya klik Open Preferences.

  • Nah di jendela ini Anda bisa memilih folder yang berbeda sebagai media penyimpanan bookmark sementara, dan mengatur berapa lama waktu daftar bookmark tersimpan di dalam folder. Jika sudah selesai klik tombol Applydan tutup jendela.

Selesai, sekarang Anda dapat kembali menggunakan tool bookmark ini sesuai kebutuhan. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di tips berikutnya.

Sumber gambar header Francesco Lodolo/Flickr