1. Entrepreneur

[Panduan Pemula] Cara Membuat Daftar Isi di Dalam Artikel Blog WordPress

Tulisan yang panjang akan terlihat lebih rapi dan mudah dinavigasikan oleh pembaca

Pernahkah sobat menemukan sebuah artikel atau tulisan blog yang di dalamnya terdapat tabel daftar isi? Cukup menarik dan memang kelihatan lebih keren dan teratur sih.

Nah, jika sobat juga berkeingingan menambahkan daftar isi di dalam artikel blog WordPress sobat, tutorial ini akan membantu melakukannya.

  • Pertama, login ke dashboard sobat kemudian klik Plugin - Add New.
  • Di kolom pencarian, ketikkan table of content, lalu akan muncul beberapa plugin dengan term tersebut. Install plugin bernama Easy table of contents seperti yang tampak di screenshot ini.

  • Setelah terpasang, sekarang buka menu Settings - Table of Content.
  • Aktifkan dulu dengan memberi tanda centang di opsi yang ditandai di screnshot ini. Sedangkan pengaturan lainnya, biarkan seperti apa adanya. Terakhir klik Save untuk menyimpan perubahan.

  • Setelah pengaturan dilakukan dengan benar, plugin akan secara otomatis membuat sebuah tablet daftar isi di semua postingan artikel blog Anda.
  • Cara kerjanya, plugin akan mengambil secara otomatis sub heading yang ada di dalam artikel secara hirarki. Contohnya, saya membuat postingan baru dengan susunan heading seperti ini.

Heading 2 heading 3 heading 3 heading 3

Heading 2 heading 3 heading 3 heading 3

  • Terbitkan artikel tersebut, atau simpan dulu sebagai konsep. Kemudian lihat di pratinjaunya. Maka, hasilnya akan seperti ini.

Mudah sekali, silahkan dicoba.

Gambar header Pixabay.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again