Facebook semakin serius “membidik” Snapchat dengan menggulirkan sejumlah fitur, terutama Stories yang diadopsi dari sang rival ke properti yang mereka miliki, dimulai dari Instagram,WhatsApp dan sekarang hadir juga di aplikasi utamanya.

Meski belum bisa dijumpai oleh semua pengguna, Facebook Stories diyakini akan jadi hits. Nah, buat Anda yang merasa penasaran bagaimana cara membuat Stories di aplikasi Facebook, berikut panduan lengkapnya.

  • Untuk memastikan Anda mendapatkan fitur Facebook Stories , update dahulu aplikasi Anda. Tapi perlu dicatat, bahwa cara ini tidak menjamin fitur Stories akan muncul di aplikasi Anda.
  • Setelah itu, jalankan aplikasi seperti biasa. Jika beruntung, Anda akan mendapatkan sebuah panel di bagian teratas berupa beberapa ikon bulat dari beberapa teman termasuk Story milik Anda.
  • Untuk membuat Facebook Stories , tap ikon YourStory kemudian klik Get Started di jendela sapaan pertama.

  • Ketika aplikasi kamera sudah berjalan, Anda dapat menemukan beberapa efek-efek lucu seperti yang ada di Snapchat. Untuk mengubah efek, swipe ke atas atau ke bawah. Kemudian untuk merekam, tekan tombol shutter kamera dan tahan. Selanjutnya, Anda dapat menambahkan teks dan stiker untuk membuat suasana menjadi lebih ceria.

  • Setelah embel-embel tersebut ditambahkan, klik done kemudian pilih kepada siapa Story tersebut dikirimkan. Anda punya tiga pilihan, pertama dikirimkan Story sehingga semua orang bisa melihat. Kedua ke Post sehingga tampil di timeline, atau ketiga langsung ke pengguna tertentu melalui fitur Direct.

Terakhir, perlu diketahui bahwa video yang menjadi Story Anda akan dihapus dalam waktu 24 jam. Jadi, jika ingin ada cadangan, ada baiknya Anda simpan dahulu video ke memori sebelum dibagikan.

Sumber gambar header FB.