Categories

Tips & Trik

Cara Membuat Foto Animasi Bergerak (GIF) di Smartphone Asus ZenFone 2 Laser

Fitur pembuatan gambar GIF secara default tertanam di smartphone Asus ZenFone 2 Series

Bambang Winarso - 23 June 2016

Ada ruang yang sangat luas jika Anda ingin mengekplorasi ranah fotografi, bahkan untuk Anda yang hanya bermodalkan smartphone. Tapi tentu akan lebih baik jika smartphone tersebut dirancang khusus untuk itu.

Salah satu fitur yang belakangan sering disematkan oleh pabrikan adalah dukungan untuk membuat foto animasi bergerak berformat GIF. Salah satu pabrikan yang melakukannya adalah Asus di mana semua seri ZenFone 2 memperoleh mode GIF untuk membuat foto animasi bergerak.

Di tutorial ini, saya akan menunjukkan cara membuat foto animasi bergerak yang dijepret dari smartphone tersebut tanpa harus memasang aplikasi pihak ketiga.

  • Buka aplikasi kamera di ponsel Anda, kemudian tap menu mode kamera di sebelah kiri bawah dan pilih opsi GIF Animation.

mode GIF animation terdapat dalam pilihan mode di Asus ZenFone 2 Laser

  • Sekarang bidikkan kamera ke objek bergerak, boleh apa saja untuk awal. Kemudian tekan tombol shutter selama beberapa detik. Di jendela kamera akan muncul urutan angka dari 0 sampai dengan 30. Setelah hitungan angka berhenti, lepas tombol shutter.

Ada 3 frame yang akan direkam oleh kamera, tekan dan tahan tombol shutter selama beberapa detik

  • Berikutnya kamera akan menampilkan hasil dari jepretan Anda. Di bagian bawah dapat dijumpai beberapa pengaturan tambahan, misalnya mengubah kecepatan dan mengatur keberlanjutan animasi. Jika dirasa sudah pas, tap ikon berlogo tanda centang di sudut kanan atas. Selanjutnya proses pembuatan animasi selesai.

Atur kecepatan dan simpan foto bergerak GIF ke galeri

Sekarang Anda bisa membuka galeri dan melihat hasil foto animasi bergerak yang baru saja Anda buat. Selamat berkreasi!

Sumber gambar header Pixabay.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter