1. DScovery

Cara Membuat Makalah Secara Baik dan Benar Berdasarkan Strukturnya

Meski terlihat rumit, namun cara membuat makalah cukup mudah jika telah memahami struktur penulisannya.

Menyusun makalah merupakan hal yang sering dilakukan oleh pelajar, mahasiswa, maupun dosen. Makalah sendiri merupakan salah satu karya tulis yang biasanya berisi topik maupun masalah tertentu.

Cara membuat makalah dapat dibilang gampang-gampang susah. Sebab, dalam penyusunannya harus memperhatikan kaidah menulis makalah yang baik dan benar. Nah, berikut adalah cara membut makalah berdasarkan strukturnya yang dapat kamu aplikasikan untuk menghindari revisi.

Struktur Makalah

Sebelum mempelajari cara membuat makalah yang baik dan benar, kamu perlu mempelajari strukturnya terlebih dahulu. Menurut Badan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, struktur makalah terdiri dari beberapa bagian, yakni judul, abstrak, pendahuluan, metode, hasil, analisis dan diskusi, serta referensi.

Adapun penjelasan dari setiap bagian dari struktur makalah adalah sebagai berikut.

1. Judul

Judul makalah biasanya terletak di bagian sampul makalah. Dalam judul ini biasanya berisi dua hal, yakni judul makalah itu sendiri serta informasi penulis.

Judul makalah memuat tentang topik yang akan dibahas dalam makalah. Sementara informasi penulis berisi nama penulis, nama institusi, alamat email, serta tahun pembuatan.

2. Abstrak

Abstrak merupakan bagian makalah yang berisi sinopsis singkat mengenai isi makalah. Umumnya, abstrak hanya terdiri dari 200 hingga 250 kata yang memuat latar belakang, pembahasan, hingga kesimpulan.

3. Pendahuluan

Bagian pendahuluan merupakan bagian awal dari makalah. Bagian ini biasanya berisi mengenai latar belakang, rumusan masalah hingga tujuan makalah dibuat. Pada bagian ini juga dijelaskan alasan mengapa topik tersebut dipilih dan apa fokus yang digunakan.

4. Metode

Bagian metode menjelaskan mengenai metode penelitian dan bagaimana pengambilan data dilakukan. Kamu juga bisa menambahkan penjelasan tentang lokasi dan waktu pengumpulan datamu di sini.

5. Hasil

Bagian ini berisi hasil data dari penelitian yang kamu lakukan. Kamu juga dapat menguraikan topik permasalahan yang ingin kamu bahas di sini.

6. Analisis dan Diskusi

Bagian ini biasanya berisi penjelasan mengenai analisis hasil data yang telah kamu lakukan. Biasanya, analisis harus didasarkan pada landasan teori dan memuat tentang bagaimana solusi serta penyelesaian dari masalah tersebut.

7. Referensi

Terakhir, referensi biasanya berisi mengenai daftar sumber rujukan yang kamu gunakan dalam makalah. Referensi bisa berasal dari buku, jurnal, maupun hasil penelitian lainnya.

Cara Membuat Makalah dengan Baik dan Benar

Apabila kamu sudah memahami struktur penulisan makalah yang benar, maka kamu bisa mulai menyusunnya dengan memperhatikan langkah-langkah berikut.

1. Siapkan Hal-Hal yang Dibutuhkan dalam Makalah (Data, Referensi, dan lain sebagainya)

Tahap ini merupakan tahap awal dalam pembuatan makalah. Pada tahap ini, kamu perlu memperhatikan dan menyiapkan hal-hal yang kamu butuhkan dalam menyusunnya.

Hal pertama yang kamu lakukan adalah menentukan topik yang ingin kamu gunakan. Kemudian, jika kamu sudah menentukan topik yang akan dibahas, kumpulkan beberapa referensi terkait topik pilihanmu. Jangan lupa juga untuk membaca referensi tersebut secara detail untuk mengetahui apakah referensi tersebut cocok digunakan atau tidak.

2. Pahami Penulisan Makalah yang Baik

Tahap selanjutnya, kamu perlu memahami penulisan makalah yan baik dan benar. Caranya adalah dengan memperhatikan bagaimana teknik penulisan dalam penyusunan makalah. Selain itu, kamu juga perlu mempelajari bagaimana struktur penulisan makalah yang benar.

3. Tentukan Judul Makalah

Menentukan judul makalah merupakan salah satu tahap penting dalam penyusunan makalah. Dalam tahap ini, kamu harus menentukan judul yang sesuai dan dapat menggambarkan isi makalahmu. Namun perlu diperhatikan bahwa dalam membuat judul harus tidak boleh bertele-tele dan harus jelas.

4. Buat Kerangka Makalah

Kerangka makalah adalah hal-hal yang akan kamu gunakan dalam menyusun makalahmu. Sebelum menulis makalah, alangkah baiknya apabila kamu menentukan kerangka makalahmu terlebih dahulu berdasarkan struktur makalah yang ada.

Kerangka makalah akan membantumu menulis makalahmu secara runtut dan jelas.

5. Periksa Kembali Hasilnya

Tahap terakhir ini biasanya sering diabaikan oleh beberapa orang. Padahal, tahap ini merupakan salah satu tahap penting dalam penyusunan makalah.

Jika makalahmu sudah jadi, jangan lupa untuk memeriksa kembali terkait dengan ejaan, penggunaan kata, kalimat dan tanda baca yang sesuai dengan PUEBI. Selain itu, periksa kembali apakah ada kesalahan penulisan atau hal-hal yang mungkin perlu ditambahkan dalam makalahmu.

Nah, itulah langkah-langkah yang bisa kamu lakukan dalam pembuatan makalah. Meski terlihat rumit, namun sebenarnya pembuatan makalah cukup mudah apabila kamu telah memahami struktur penulisannya. Selamat mencoba!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again