26 December 2017

by Bambang Winarso

Cara Membuat Postingan Instagram Terjadwal dengan Hootsuite Android

Hootsuite merupakan aplikasi pihak ketiga yang dapat dihubungkan ke Instagram, Twitter dan Facebook

Berbeda dengan layanan Facebook, di Instagram membuat postingan terjadwal belum memungkinkan untuk dilakukan karena memang fiturnya belum tersedia. Tapi itu bukan akhir segalanya, karena ada banyak sekali tools atau aplikasi yang menawarkan fitur tersebut meskipun prosesnya menjadi sedikit lebih panjang.

Salah satu aplikasi yang bisa Anda gunakan adalah Hootsuite yang tidak hanya bisa membuat postingan terjadwal ke Instagram tapi juga ke media sosial Twitter dan Facebook.

Saya akan coba langsung bagaimana cara kerja Hootsuite ini.

  • Pertama tentu unduh dahulu aplikasi Hootsuite dari Play Store di perangkat Android Anda. Setelah terpasang, jalankan aplikasi. Sebelum bisa digunakan, Anda harus membuat akun terlebih dahulu, atau Anda bisa langsung login menggunakan akun Twitter, Facebook atau Google.

  • Setelah berhasil login, tambahkan akun Instagram.

  • Di proses terakhir, Hootsuite meminta izin untuk melakukan beberapa hal. Jika Anda tak keberatan, tap tombol Authorize.

  • Sekarang, akun Instagram Anda sudah berhasil ditambahkan. Tap Done untuk melanjutkan ke langkah berikutnya.

  • Untuk membuat postingan terjadwal, tap ikon pensil di kanan bawah aplikasi Hootsuite. Kemudian buatlah postingan seperti biasa, terdiri dari gambar, caption dan juga hashtag. Setelah selesai, tap tombol Next.

  • Barulah muncul tiga pilihan baru, Send Now, Auto Schedule dan Custom Schedule. Untuk membuat postingan terjadwal, pilihan Anda jelas dua opsi terakhir. Auto Schedule bisa dipilih jika Anda ingin sistem yang mengatur jadwal postingannya. Sedangkan Custom Schedule dipilih jika Anda ingin menentukan sendiri kapan postingan tersebut dipublikasikan. Di opsi Custom Schedule Anda akan menemukan kalender dan juga jam yang bisa Anda tentukan sesuka Anda.

  • Setelah postingan dijadwalkan, Anda bisa melakukan aktivitas lain atau membuat jadwal postingan lainnya.
  • Hootsuite juga menyediakan menu tab khusus yang akan jadi tempat berkumpulnya postingan-postingan yang sudah dijadwalkan. Di menu Schedule ini, Anda bisa menghapus postingan yang dirasa tidak tepat atau gagal dikirimkan.

Selain Hootsuite, masih ada beberapa aplikasi berbasis mobile yang menawarkan fitur serupa. Saya berikan beberapa opsinya di bawah ini:

Application Information Will Show Up Here