Glossary

Serba-serbi Cara Membuat PT dengan Mudah 2022

Untuk membangun PT atau perseroan terbatas kamu harus tahu syarat, biaya, dan prosedurnya agar tidak salah langkah.

Dalam dunia bisnis ada yang disebut sebagai PT atau perseroan terbatas, mungkin kamu juga sekarang sedang mencari tahu cara membuat PT. 

Sebenarnya, cara membuat PT juga bisa dilakukan dengan mudah apabila kamu sudah mengetahui syarat, biaya, dan prosedurnya.

Untuk itu, sekarang kamu bisa melihat pembahasan cara membuat PT, langkah-langkah, dan jenis modal yang diperlukan melalui artikel ini.

Yuk, simak pembahasan berikut dan jangan lupa untuk mencatatnya!

Pengertian PT

PT adalah singkatan dari perseroan terbatas atau secara umum yaitu badan usaha yang sah secara hukum dan berdiri atas modal dari berbagai saham, jadi PT bisa dimiliki oleh beberapa orang. Sehingga, setiap orang yang memiliki lembar saham PT tersebut merupakan bagian dari pemiliknya.

Hal ini juga sudah diatur dalam UU No.40 tahun 2007 pasal 1 angka satu (1) yang berbunyi. “PT adalah badan hukum yang merupakan persekutuan modal, didirikan berdasarkan perjanjian, melakukan kegiatan usaha dengan modal dasar yang seluruhnya terbagi dalam saham dan memenuhi persyaratan yang ditetapkan dalam undang-undang beserta peraturannya.

Namun, pemegang saham dalam sebuah PT hanya bertanggung jawab atas modal yang disetorkan kepada badan usaha.

Jenis-jenis Perseroan Terbatas

Sebelum mengetahui cara membuat PT, kamu harus tahu bila PT atau perseroan terbatas juga memiliki berbagai jenis dengan kriteria yang berbeda-beda. Jenis PT ini dibedakan berdasarkan sifatnya.

1. Perseroan Terbatas Terbuka

Mungkin kamu sudah sering mendengar TBK. Namun, apakah kamu sudah tahu apa itu TBK? Jadi, TBK adalah singkatan dari perseroan terbatas terbuka, biasanya TBK ini adalah PT yang sudah melakukan penawaran IPO untuk go public, yaitu penawaran saham terbuka kepada masyarakat di pasar modal.

2. Perseroan Terbatas Tertutup

Jika,mada perseroan terbatas terbuka. Maka, ada juga yang disebut dengan perseroan terbatas terbuka yang penjualan sahamnya tidak dibuka secara umum kepada masyarakat. Biasanya penjualan saham atau modal hanya mengandalkan kerabat, saudara, dan keluarga dari pemilik PT tersebut.

3. Perseroan Terbatas Perseorangan

Seperti namanya, perseroan terbatas perseorangan ini saham dan modalnya hanya dari satu orang saja yang tentunya membuat PT jenis ini juga dipegang oleh satu orang yang akan menjabat sebagai direktur perusahaan.

4. Perseroan Terbatas Domestik

PT juga dibedakan berdasarkan letak dari perusahan tersebut, PT domestik akan menjalankan operasionalnya di dalam negeri sesuai dengan aturan yang sudah ditetapkan oleh negara.

5. Perseroan Terbatas Asing

Selain PT domestik, tentu ada PT asing yang didirkan di luar negeri dan harus mengikuti pertauran yang ditetapkan oleh negara di mana PT tersebut berdiri.

6. Perseroan Terbatas Kosong

Sebuah PT yang belum menjalankan operasionalnya atau belum mendapat izin usaha. PT kosong juga biasanya adalah PT tertutup yang belum memiliki kegiatan usaha aktif. Namun, tidak dipungkiri bila PT yang sudah memiliki izin juga bisa menjadi PT kosong apabila kegiatan operasionalnya belum dapat teridentifikasi.

Modal Awal Pendirian PT

Untuk membangun PT harus ada modal dari pemegang saham sebagai bentuk biaya pendirian PT, modal atau biaya ini ditentukan sesuai dengan seberapa besar usaha ini akan berkembang. Kamu harus memutuskan akan membuat usaha dengan skala kecil, sedang, atau besar.

Dalam proses pendirian badan usaha terutama PT yang biayanya berdasarkan modal dari investor juga sebenarnya ditetapkan dari pihak investor tersebut, seberapa besar modal yang akan ditetapkan. 

Jika, mengacu pada undang-Undang Perseroan Terbatas No. 40 tahun 2007, Pasal 33, jumlah modal yang perlu ditempatkan adalah minimal 25% atau sebesar Rp50 juta dari keseluruhan modal perusahaan.

Modal yang ditetapkan juga tidak berupa uang saja, investor bisa menyetorkan modal ke PT dalam berbentuk bangunan, tanah, atau alat operasional yang memiliki nilai inventaris.

Syarat Mendirikan PT

Dikutip dari berbagai sumber ada beberapa syarat mendirikan PT yang harus dipenuhi sebelum kamu masuk ke dalam cara membuat PT (perseroan terbatas)

  1. Pendiri PT minimal dua orang atau lebih. Apabila, memilih untuk membangun PT perseorangan hanya satu orang dan menjabat sebagai direktur perusahaan.
  2. Pengurus PT terdiri dari satu direktur perusahaan dan satu komisaris, hal ini tidak wajib jika membuat PT perseorangan.
  3. Memiliki kegiatan usaha baik makro atau mikro.
  4. Sudah memiliki KTP artinya sudah berusia 17 tahun.
  5. Pembuatan PT lokal atau PT domestik, wajib terdiri dari tiga suku kata dan tidak mengandung kata asing.
  6. Pemegang saham wajib mengambil bagian saham,
  7. Badan usaha harus memiliki badan hukum dengan mendaftarkan ke Kementerian Hukum dan Ham.
  8. Membuat surat pernyataan pendirian sesuai dengan format yang ada pada lampiran PP No. 8 tahun 2021 tentang modal UMK.
  9. PT yang didirikan oleh suami istri wajib memasukkan satu orang sebagai pihak pemegang saham apabila belum memiliki perjanjian nikah.
  10. Badan usaha diwajibkan memiliki modal dasar yang sesuai dengan kesepakatan pendiri perseroan.
  11. Setoran modal minimal 25% dari modal dasar perusahaan

Prosedur dan Cara Membuat PT

Setelah mengetahui syarat-syarat wajib cara membuat PT, berikut adalah prosedur atau langkah-langkah mendirikan perusahaan khususnya perseroan terbatas.

1. Menyiapkan nama dan alamat PT

Cara pertama membuat PT adalah kamu harus menyiapkan nama PT yang terdiri dari tiga suku kata. Peraturan pemakaian nama PT juga bisa kamu lihat dalam PP 43/201, terkait Tata cara pengajuan dan Pemakaian Nama Perseroan Terbatas.

Setelah itu, menetapkan alamat PT sesuai dengan kedudukan hukum berada di wilayah kotamadya atau kabupaten. Tempat berdiri dan kedudukan PT juga harus berada di alamat yang sama.

2. Menentukan Pengurus PT

Langkah selanjutnya adalah menentukan pengurus PT, apabila PT didirikan oleh dua atau lebih harus memilih direktur perusahan, direktur utama, dan juga komisaris.

3. Membuat Akta Pendirian PT di Notaris

Dalam membuat akta pendirian PT, data yang harus disiapkan adalah nama PT, tujuan, domisili, struktur, dan juga pemodal PT.

4. Melakukan Pendaftaran ke Kementerian Hukum dan Ham

Setelah membuat akta pendirian di notaris untuk mendapatkan bukti status badan hukum harus didaftarkan ke Kemenkumham, biasanya notaris juga yang akan melakukan pendaftaran ini.

5. Mengajukan NPWP Perusahaan di Kantor Pajak

Nomor Pokok Wajib Pajak atau NPWP adalah nomor yang akan diberikan kepada pengguna wajib pajak untuk membayar administrasi perpajakan.

6. Mengurus Nomor Induk Berusaha (NIB)

Cara membuat PT selanjutnya adalah kamu harus mengurus Nomor Induk Berusaha melalui lembaga Online Single Submission (OSS). NIB ini berguna sebagai tanda daftar perusahaan, akses kepabeanan, dan angka pengenal impor.

7. Mengajukan Surat Izin Usaha

Langkah terakhir membuat PT adalah membuat Surat Izin Usaha atau SIUP, syarat pembuatan SIUP adalah domisili usaha dan juga tanda daftar perusahaan yang dikeluarkan bersamaan dengan NIB.

Nah, itu adalah syarat, modal, dan prosedur dalam cara membuat PT di tahun 2022 yang bisa kamu lakukan mulai sekarang. Kamu bisa membuat PT secara mandiri atau bersama rekan-rekan kamu yang sesuai.

***

Ikuti kuis dan challenge #NgabubureaDS di Instagram @dailysocial.id selama bulan Ramadan, yang akan bagi-bagi hadiah setiap minggunya berupa takjil, hampers hingga langganan konten premium DailySocial.id secara GRATIS. Simak info selengkapnya di sini dan pantau kuis mingguan kami di sini.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter