Cara Membuat Rencana Pengembangan Diri

Cara Membuat Rencana Pengembangan Diri

Tidak ada yang menyusun rencana untuk gagal, sebaliknya kegagalan terjadi karena kurangnya perencanaan
Menentukan tujuan yang ingin diraih adalah langkah awal dari membuat segala rencana/ Pixabay
Menentukan tujuan yang ingin diraih adalah langkah awal dari membuat segala rencana/ Pixabay

Apakah ada orang di dunia ini yang memiliki rencana untuk gagal atau bangkrut? Rasanya tidak ada. Jika memang itu terjadi, gagal atau bangkrut, biasanya justru karena mereka tidak punya rencana yang baik dan efektif.

Sebuah rencana akan akan memberikan Anda kontrol yang lebih baik atas hidup Anda sendiri, dan Anda akan membuat keputusan yang lebih baik dalam setiap prosesnya.

Kita tak bisa terus-menerus menyimpan rencana hanya dalam kepala. Akan sangat melelahkan dan dengan mudah kehilangan rincian penting dalam membuat strategi yang realistis untuk mewujudkan rencana itu.

Sebuah rencana pengembangan diri adalah suatu proses yang terdiri dari: mendefinisikan hal yang penting bagi Anda, sesuatu yang ingin Anda capai, kekuatan yang Anda sudah miliki, dan segala yang Anda butuhkan untuk meningkatkan diri dalam kurun waktu yang telah ditetapkan.

Mengembangkan produk atau mendesain sesuatu yang baru, biasanya tidak mungkin selesai dalam semalam. Tetapi ada cara untuk mempermudahnya, yakni dengan memiliki rencana pengembangan yang sesuai dengan pribadi.

Berikut adalah enam langkah yang telah kami sederhanakan untuk dapat membantu Anda membuat rencana pengembangan pribadi yang baik:

Langkah 1: Tuliskan 5-10 tujuan yang penting bagi Anda

Langkah pertama adalah menuliskan lima sampai sepuluh tujuan yang Anda anggap penting. Dari semua tujuan yang Anda tulis, mana yang paling penting? Tujuan yang Anda anggap paling penting ini adalah tujuan utama Anda yang akan menjadi fokus Anda. Mungkin Anda ingin perubahan karier, ingin mencapai kondisi fisik yang baik, atau menguasai keterampilan baru.

Tujuan dari rencana pengembangan pribadi adalah untuk membantu Anda memperluas pengetahuan Anda, mengembangkan keterampilan baru, atau meningkatkan bidang penting dari kehidupan.

Langkah 2: Pilih satu tujuan yang paling penting bagi Anda dan mulai dari situ

Masalahnya, jika Anda memiliki tujuan tapi tidak tahu kapan Anda ingin mencapai itu, kemungkinan besar tujuan Anda tak akan pernah kesampaian. Pun jika berencana untuk mencapai sesuatu yang besar dalam waktu yang sangat singkat, kemungkinan besar juga tidak akan berhasil.

Ketika membuat perencanaan, Anda harus realistis, spesifik dan membuat asumsi yang bijaksana. Daripada mengatakan “Saya ingin menjadi seorang jutawan suatu hari nanti,” lebih baik untuk membuat rencana untuk melipatgandakan penghasilan Anda tahun ini.

Langkah 3: Tetapkan batas waktu

Semua orang di dunia memiliki keterampilan atau kelebihan tertentu. Bahkan jika Anda bukan seorang penyanyi, aktor atau seniman berbakat, Anda masih bisa menjadi orang tua yang baik, pendengar yang sangat baik atau orang yang memiliki empati besar.

Jika Anda tidak yakin dengan kelebihan Anda, mulailah bertanya pada teman-teman dan keluarga. Mungkin Anda akan terkejut dengan jawaban mereka. Kekuatan utama Anda adalah sesuatu yang membuat Anda unik dan istimewa. Ini sangat penting bagi kepercayaan diri Anda untuk menyadari kekuatan Anda.

Langkah 4: Setelah Anda memahami kekuatan Anda, tuliskan kekuatan yang dapat membantu Anda untuk mencapai tujuan.

Perilaku dan kebiasaan saat ini dapat mendukung –atau tidak mendukung– Anda untuk mencapai tujuan. Maka wajib untuk mencoba mengenali peluang dan ancaman. Gampangnya, jika Anda berencana untuk hidup 100 tahun, jadi mulai sekarang Anda harus berhenti merokok, bergadang, dan mulai rutin olah tubuh serta makan sehat.

Jika Anda ingin menyimpan lebih banyak uang, maka Anda dapat mulai mengelola uang Anda. Mencatat pengeluaran dan mulai memangkas dana hura-hura.

Tuliskan paling sedikit lima hal yang Anda siap untuk melakukan komitmen perubahan. Beri tenggat waktu selama tiga bulan.

Langkah 5: Berhenti menyusun daftar dan mulai bertindak

Jika tujuan Anda adalah untuk bergerak maju ke tahap berikutnya dalam karier Anda, Anda harus belajar keterampilan baru. Atau jika Anda ingin memulai bisnis sendiri, Anda harus mulai belajar tentang pemasaran, penjualan, kewirausahaan, keuangan serta manajemen.

Table

Motivasi terbaik datang pada saat Anda melihat kemajuan diri sendiri. Caranya dengan mencatat semua kemajuan serta kemenangan kecil yang Anda raih. Jika Anda menemukan kendala, atau ada sesuatu  yang tidak berjalan dengan baik, mungkin penting untuk segera memikirkan dan melakukan cara yang berbeda?

Mungkin Anda perlu mengubah (atau meningkatkan) strategi yang digunakan. Jangan heran jika Anda kerap melakukan hal yang sama, akan mendapatkan hasil yang sama. Jika Anda ingin hasil yang lebih baik, Anda perlu mengubah cara melakukan sesuatu.

Langkah 6: Ukur kemajuan secara berkala

Table2

Sebuah rencana pengembangan pribadi adalah metode yang sangat ampuh untuk menilai hidup Anda, menentukan yang benar-benar penting bagi Anda, dan mulai bekerja pada hal-hal yang paling penting. Sering kali dalam hidup, kita begitu sibuk dengan kegiatan sehari-hari, dan jarang punya waktu untuk berpikir pentingnya untuk membuat perencanaan.

Latihan seperti ini dapat membantu Anda membuat strategi yang realistis dalam mencapai tujuan. Sangat disarankan untuk membuat rencana pengembangan diri yang baru setiap tahun.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Tips
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…